Jalan Panjang Duel Panas Luhut-Rizal Ramli

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 11 Jun 2020 18:00 WIB
Rizal Ramli di semarang, 2/3/2019
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Jakarta -

Hubungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan ekonom senior Rizal Ramli memanas. Rizal menantang Luhut berdebat soal utang negara.

Awalnya dalam sebuah webinar, Luhut menegaskan agar pengkritik utang untuk bisa menemui dirinya. Luhut meminta agar hal itu tidak hanya dibicarakan di media sosial saja.

"Jadi kalau ada yang mengkritik kita, kita juga pengin ketemu jadi jangan media sosial aja," katanya dalam webinar Selasa lalu (2/6/2020).

Pesan ini pun ditanggapi beberapa orang sebagai tantangan untuk berdebat. Salah satunya oleh ekonom senior Rizal Ramli, dia mengaku siap berdebat dengan Luhut, utang negara menjadi salah satu bahasannya.

Tantangan dari Rizal Ramli ini disampaikan oleh Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi yang mewakili Rizal Ramli.

"Apa yang disampaikan oleh Bang Rizal ini dan akhirnya bersedia menjawab tantangan Luhut Pandjaitan," kata Adhie di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (10/6/2020) lalu.

Adhie melanjutkan bahwa Rizal Ramli tak melihat debat ini sebagai urusan personal dengan Luhut. Dirinya mempersilahkan agar para tim ekonomi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut dalam debat ini.

"Bang Rizal minta nanti Pak Luhut itu didampingi oleh tim ekonominya, baik Menteri Keuangan Sri Mulyani, maupun Menko Ekonomi Airlangga Hartarto dan menteri-menteri yang lain yang dianggap menjadi bagian dari tim ekonomi. Sementara Bang Rizal cukup sendirian," jelas Adhie.

Bagaimana tanggapan pihak Luhut? Buka halaman selanjutnya>>>