Orang Kaya Ini Sumbang Rp 1,3 M untuk Jurnalis Kulit Hitam

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 12 Jun 2020 09:39 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Miliuner Amerika Serikat (AS) sekaligus Pemilik Klub Basket Dallas Mavericks, Mark Cuban menyumbang US$ 100.000 atau setara dengan Rp 1,38 miliar (kurs Rp 13.800/US$) kepada asosiasi jurnalis berkulit hitam atau National Association of Black Journalists (NABJ).

Cuban mengatakan donasinya untuk menghormati mantan penulis olahraga yang telah meninggal dunia yakni Roger B. Brown dan Martin McNeal. Dananya akan digunakan untuk membantu jurnalis olahraga dan non-olahraga yang terkena dampak PHK karena pandemi.

"Saya bertanya kepada Dwain Price (penulis Mavericks.com) apa pendapatnya tentang ide itu, ia sangat mendukungnya, jadi saya meneruskannya," kata Cuban dilansir CNBC, Jumat (12/6/2020).

Perlu diketahui, Brown, sebagai penulis kolom olahraga berkulit hitam pertama di Fort Worth Star-Telegram, meninggal pada 18 Mei lalu. Sedangkan McNeal, yang juga meliput Mavericks sebelum pindah ke Sacramento Bee meninggal pada 21 Mei lalu.

"Atas nama Gugus Tugas Olahraga NABJ, kami merasa terhormat bahwa Mark Cuban telah melangkah dengan cara yang penuh makna dan berdampak pada saat banyak orang membutuhkan," ujar Ketua Gugus Tugas Olahraga NABJ, A Sherrod Blakely, dalam pernyataan.

Saat ini pekerjaan sebagai jurnalisme terpukul karena pandemi. Koran tradisional dan situs berlangganan digital seperti The Athletic, baru-baru ini memberhentikan 8% dari pekerjanya karena liga olahraga terus kosong karena Corona.

Presiden NABJ, Dorothy Tucker memuji bantuan Cuban. Donasi itu untuk memastikan jurnalis berkulit hitam memiliki dukungan dari sisi keuangan yang diperlukan selama masa krisis ini.

"Profesi jurnalisme telah memainkan peran penting dalam membantu menyelamatkan nyawa dengan melaporkan informasi penting. Donasi Tn. Cuban akan membantu begitu banyak anggota kami yang mengorbankan waktunya untuk memastikan masyarakat mendapat informasi tentang COVID-19," kata Tucker dalam pernyataan.



Simak Video "Trump Minta FBI-Jaksa Agung Selidiki Kematian George Floyd"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)