Penting! 10 Kebiasaan Baru di Bandara Selama New Normal

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Sabtu, 13 Jun 2020 10:48 WIB
Kebiasaan baru di Bandara PT Angkasa Pura II
Foto: Dok. PT Angkasa Pura II


8. Mengukur suhu tubuh

Pengukuran suhu tubuh yang dilakukan penumpang pesawat kini menjadi hal yang biasa di bandara PT Angkasa Pura II. Di seluruh bandara PT Angkasa Pura II saat ini terdapat 82 alat thermos gun dan 29 thermal scanner guna mengukur suhu tubuh penumpang.

9. Self check-in

Melakukan check-in secara mandiri merupakan kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19. Di seluruh bandara PT Angkasa Pura II, setiap bulannya penumpang yang melakukan self check-in di tengah pandemi ini berkisar 1.000 - 2.000 penumpang, atau 10% lebih dari total penumpang saat pembatasan penerbangan.

10. Transaksi Cashless

Penumpang pesawat saat ini lebih sering bertransaksi secara cashless, tidak menggunakan uang kertas atau logam guna menekan risiko penyebaran. Transaksi secara cashless juga menghindari kasir dan pelanggan saling melakukan kontak fisik.

Sebagai informasi PT Angkasa Pura II dalam waktu dekat juga akan meluncurkan aplikasi Travelation (Travel Declaration) untuk memeriksa dokumen secara digital. Melalui aplikasi Travelation, calon penumpang pesawat dapat mengunggah (upload) berkas dokumen perjalanan yang diperlukan sebagai syarat diperbolehkan untuk terbang.

Muhammad Awaluddin mengatakan digitalisasi di segala aspek operasi dan pelayanan bandara memang menjadi suatu keharusan terlebih di saat kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Tuntutannya adalah efisiensi dalam hal waktu di tengah adanya prosedur tambahan yang harus dijalani penumpang pesawat, dan salah satu solusi adalah melalui aplikasi Travelation," jelas Muhammad Awaluddin.

Halaman


Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]

(ara/hns)