Mendag Ingatkan Pengusaha 'Rangkul' UMKM Dorong Ekspor Pangan

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 15 Jun 2020 21:30 WIB
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto
Foto: Citra Nur Hasanah / 20detik
Jakarta -

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mendorong Indonesia untuk meningkatkan ekspor olahan pangan. Untuk mencapai itu dia meminta para pengusaha agar merangkul pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

"Mohon agar para pelaku usaha menengah atas agar merangkul pelaku UMKM sehingga dapat lebih berkembang dan meningkatkan kualitas UMKM serta meningkatnya ekspor kita," kata Agus melalui telekonferensi, Senin (15/6/2020).

Dengan adanya sinergi ini diharapkan hasilnya bisa lebih cepat. Agus meminta semua pelaku usaha kompak untuk meningkatkan perekonomian di masa mendatang.

"Kita semua harus bergerak dengan cepat, tidak ada lagi waktu untuk menunggu. Peran aktif negara untuk meningkatkan dan menjaga ekspor pangan Indonesia diperlukan untuk meningkatkan dan menjaga ekspor olahan pangan Indonesia," sebutnya.

Dengan melihat peluang berapa negara yang sudah mulai membuka fasilitas publik dan pusat-pusat perekonomian, Agus berharap pelaku usaha dapat melihat peluang untuk meningkatkan ekspor pangan olahan.

"Dengan demikian produk pangan olahan Indonesia tetap dapat mengakses pasar dengan pemahaman yang lebih baik terkait regulasi atau ketentuan baru di masa transisi," terangnya.



Simak Video "Jokowi: Saya Senang Ekspor Surplus, Tapi Jangan Cepat Puas!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)