Soal Koin Rp 1.000 'Kelapa Sawit' yang Viral Dijual Ratusan Juta

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 17 Jun 2020 12:19 WIB
Uang Koin
Foto: Dok. BI
Jakarta -

Uang koin pecahan Rp 1.000 bergambar Kelapa sawit sedang viral di media sosial. Di situs jual beli online, harga jualnya yang mencapai ratusan juta. Ada yang menjualnya mencapai Rp 150 juta per keping.

Menarik untuk tahu lebih dalam soal uang Rp 1.000 yang unik tersebut.

Mengutip laman resmi bi.go.id, rabu (17/6/2020), uang koin ini keluar di tahun emisi 1993. Uang ini terbuat dari bahan Cu-Nikel dan Al Bronze berbentuk bulat pipih.

BI menyebut, uang ini pertama kali diterbitkan pada 8 Maret 1993 dengan warna dominan depan dan belakang putih dan kuning.

Uang ini beratnya sekitar 8,6 gram, tebalnya 2,40 mm dan berdiameter 26,00 mm (untuk bagian luar) dan 18,00 mm untuk bagian dalam.

Ciri-cirinya di bagian luar terdapat tulisan "BANK INDONESIA". Lalu bagian dalam ada gambar Lambang Negara Garuda Pancasila.

Kemudian untuk bagian luar terdapat teks "KELAPA SAWIT" dan "Rp 1.000" sedangkan bagian dalam gambar kelapa sawit. Lalu bagian samping bergerigi dan terputus-putus.

BI menyebut uang ini masih laku dan sah dipakai untuk transaksi.

Sebelumnya diberitakan, dilihat detikcom di salah satu situs jual beli online, uang koin itu dijual termahal hingga Rp 150 juta per keping. Ada juga yang menjual dengan harga jutaan hingga puluhan juta. Meski begitu, ada juga yang menjual dengan harga puluhan hingga ratusan ribu. Dilihat dari iklan yang ditampilkan, mereka berlokasi di sejumlah daerah di Indonesia.

Bila dilihat lebih rinci, pemilik iklan memberikan deskripsi harga beserta tahun produksi uang logam tersebut. Rata-rata, uang logam yang dijual puluhan juta itu diproduksi di kisaran tahun 1990.



Simak Video "Pria di Banyuwangi Beli NMAX Pakai Uang Koin"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)