Banyak Gangguan Saat WFH? Begini Tipsnya

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 17 Jun 2020 18:10 WIB
Woman sitting on sofa using laptop in her cozy loft apartment
Ilustrasi/Foto: Getty Images/Morsa Images
Jakarta -

Pandemi Corona telah membuat berbagai perusahaan memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk semua karyawannya. Selama WFH, bekerja dan segala pertemuan dilakukan dengan virtual atau video call dan panggilan telepon dari rumah.

Pertemuan virtual dengan video call tak jarang akan menunjukkan kondisi pribadi di rumah, seperti gangguan dari anak, hewan peliharaan, ruangan yang berantakan, dan latar belakang yang mengganggu pandangan. Tidak hanya itu gangguan juga muncul dari diri sendiri.

Dikutip dari CNBC, Rabu (17/6/2020) ada tips atau cara untuk menghindari gangguan saat bekerja dari rumah atau WFH.

Berikan Waktu Persiapan

Pertama, perlu dicatat bahwa memberi waktu pada diri sendiri untuk mengatur pertemuan video atau panggilan telepon dapat menghilangkan sebagian besar kesalahan teknis. Mungkin jika Anda memiliki ruangan sendiri untuk bekerja dari rumah akan memudahkan.

Namun, jika ruangan yang digunakan di rumah berbagi dengan anggota keluarga yang lain cobalah atur dengan baik dan komunikasikan jika Anda akan melakukan rapat virtual. Komunikasikan ke anggota keluarga Anda agar mereka tidak mengganggu Anda saat rapat.

Selanjutnya persiapkan latar belakang dari ruangan agar terhindari dari lalu lalang orang di rumah. Pastikan ruangan atau tempat yang digunakan tidak ada celah untuk anggota keluarga lalu lalang. Selain itu, persiapkan latar belakang untuk lebih rapih dan enak dipandang.

Jika Anda diundang ke rapat secara mendadak, tidak apa-apa untuk mengakui bahwa ruang Anda belum siap.

Berikan Kode Etik Ketika WFH

Seperti halnya kode etik bekerja di kantor, selama WFH mestinya ada pula kode etik yang harus dipatuhi. Karyawan bisa saling mengingatkan jika terjadi gangguan berulang kali dari salah satu karyawan. Hal ini juga wajib dilakukan bos-bos perusahaan agar karyawan tetap disiplin.

Misalnya, jika ketika rapat berlangsung di kantor Anda harus menghormati orang yang berbicara. Sama halnya ketika rapat virtual, berikan aturan untuk membisukan suara jika bos sedang memimpin rapat atau jika ada salah satu karyawan sedang presentasi.

Hal itu secara umum harus dilakukan selama WFH mengingat kondisi rumah Anda belum tentu kondusif dan akan mengganggu karyawan lain jika terjadi kebisingan. Praktik membisukan microfon saat panggilan grup untuk menghindari suara Anda, terutama jika Anda tidak dapat mengendalikan kebisingan di lingkungan Anda.

Dalam etika izin keluar dari rapat atau hendak melakukan hal yang mendadak, seperti ke toilet mestinya memiliki aturan agar tetap menghormati karyawan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]