Gokil! Sepatu Nike Jadul Ini Harganya Ditaksir Rp 2 Miliar

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 18 Jun 2020 10:14 WIB
Nike Bowerman
Foto: Dok CNBC
Jakarta -

Sepasang sepatu Nike dengan konsep desain wafel yang dibuat pada 1970-an diperkirakan akan dilelang. Diperkirakan harganya akan tembus US$ 150 ribu setara Rp 2,1 miliar (kurs Rp 14.000/dolar US).

Sepatu ini memiliki harga tinggi karena dibuat pertama kali oleh salah satu pendiri Nike Bill Bowerman. Sepatu itu dibuat untuk John Mays, pelari di tim trek Bowerman.

Perusahaan pelelangan di New York, Sotheby mengatakan sepatu itu salah satu sepatu paling berharga yang pernah ditawarkan di pelelangan. Lelang ini akan berlangsung secara online dan mulai sejak Rabu kemarin hingga 26 Juni mendatang.

Dalam sejarah, selain sebagai sepatu karya pertama Bowerman, pada 1971 saat merek Nike baru mengudara sepatu ini menjadi karya asli dan inovasi pertama perusahaan dalam mendulang merek miliaran dolar.

"Kami merasa satu-satunya cara yang tepat meningkatkan penjualan sepatu dengan harga yang istimewa adalah dengan menawarkan sesuatu yang istimewa juga. Seperti berbicara sejarah dan warisan Nike," kata Brahm Wachter, Direktur Pengembangan eCommerce Sotheby. Dikutip dari CNBC, Kamis (18/6/2020).

Sebelum menjadi merek Nike, Bowerman yang bermitra dengan Phil Knight pada 1964 memulai bisnis dengan dengan Blue Ribbon Sport dan pada 1971 berubah nama menjadi Nike.

Karya kedua sepasang sepatu yang dibuat oleh Bowerman disimpan di Arsip Universitas Perpustakaan Knight di Universitas Oregon.

Baru bulan lalu, rumah lelang Sotheby telah menjual sepasang Air Jordan 1 karya Michael Jordan dari musim rookie-nya seharga US$ 560.000 (Rp 7,9 miliar).



Simak Video "Nike dan Harley-Davidson Limbung Akibat Pandemi Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)