Sudah Terbukti, 5 Tips Sukses Bisnis Frozen Food Saat Pandemi

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 18 Jun 2020 19:35 WIB
Makanan beku
Foto: Shutterstock

Dalam membangun bisnis frozen food yang terbilang baru untuknya itu, Ronal punya kiat-kiat tersendiri. Berikut kiat cuan bisnis frozen food ala Ronal:

1. Sungguh-sungguh dan Sabar

Menurut Ronal, modal utama untuk membangun bisnis yang baru adalah sungguh-sungguh dan sabar. Pahami betul bahwa membangun sebuah bisnis pastinya membutuhkan proses yang tidak mudah. Meski ada kendala di tengah perjalanan atau sempat tidak laku beberapa hari, jangan menyerah dan cari solusi untuk bisa terus berkembang.

"Untuk bisa bertahan ini tetap menjalani proses, intinya harus sabar sama niatnya harus tetap dilakukan," katanya.

2. Membuka Jaringan

Bisnis yang dibangun secara online tersebut tentu butuh promosi yang lebih agresif dibanding offline. Untuk memasarkan produknya, Ronal langsung menghubungi rekan-rekannya yang sudah lebih terjun di dunia kuliner untuk membantu memasarkan sekaligus untuk mendapatkan bahan baku untuk jualan. Selanjutnya, ia juga rajin mempromosikan produknya kepada teman-teman dan keluarganya lewat media sosial atau whatsapp.

"Membuka jaringan dan ditingkatkan lagi pemasaran digitalnya, yang utama sih itu," katanya.

3. Rajin-rajin berkreasi

Tidak pernah puas dengan segala macam uji coba pengelohan frozen food menjadi kunci sukses Ronal. Sebelum memasarkan produknya, berulang kali ia bereksperimen mengolah produknya hingga didapat formula terbaik yang membuat produk itu enak dan sampai ke pelanggan dengan kondisi yang selalu baik.

"Kita belajar sendiri dan uji coba sesering mungkin sampai dapat produk terbaik," imbuhnya.

4. Mulai dari Passion

Untuk memulai bisnis baru, Ronal selalu berangkat dari passion-nya sendiri. Salah satu alasannya memilih frozen food karena Ronal memang suka makan. Ia merasa tak keberatan harus mengulang berkali-kali proses uji coba produknya, karena hal itu sekaligus menjadi kesempatannya untuk melakukan hal yang juga ia sukai yaitu makan.

"Awalnya milih frozen food ya karena saya suka makan, bisnis saya sebelumnya juga saya bangun dari passion, saya memang suka kegiatan outbound," imbuhnya.

5. Bangun Kredibilitas

Sedari awal memulai bisnis, Ronal berupaya membangun kredibilitas sebaik mungkin. Ia senantiasa meyakinkan pelanggannya bahwa produk yang ia tawarkan senantiasa higienis dan berkualitas baik.

"Saya selalu yakinkan pelanggan dan jaga terus produk agar tetap higienis dan mutunya terjaga," tuturnya.

Apakah Ronal akan meneruskan bisnis frozen food ini meski akhirnya Corona mampu diatasi oleh pemerintah?

Menurut Ronal, dirinya akan meneruskan bisnis tersebut. Bahkan, ia berencana membangun food court yang khusus menyajikan produk frozen foodnya tersebut.

"Insyaallah kami lanjut, akan kami besarkan juga ke depannya, yang tadi saya bilang, selanjutnya mau buat foodcourt yang isinya produk-produk kami semua," tandasnya.

Halaman


Simak Video "Makanan Beku yang Terkontaminasi Bisa Tularkan Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)