American Airlines Usir Penumpang yang Ogah Pakai Masker

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 19 Jun 2020 10:22 WIB
An American Airlines airplane takes off from Heathrow airport in London in this file photo from July 3, 2014. American Airlines Group Inc, the worlds largest carrier, said October 23, 2015 its third-quarter profit jumped, beating analysts expectations.  REUTERS/Luke MacGregor/Files
American Airlines/Foto: REUTERS/Luke MacGregor/Files
Jakarta -

American Airlines mengusir penumpangnya dari dalam pesawat karena menolak saat diminta memakai masker. Sebagaimana diketahui, kewajiban memakai masker di dalam pesawat merupakan salah satu persyaratan terbang yang tertera dalam protokol kesehatan di Amerika Serikat (AS) demi mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Pihak maskapai menjelaskan bahwa penumpang tersebut diminta turun dari penerbangan 1263 di Bandara LaGuardia New York pada Rabu (17/6) kemarin, setelah orang itu menolak saat diminta memakai masker. Meski begitu, pihak maskapai memastikan sang penumpang tidak melakukan perlawanan atau tidak keberatan saat diusir dari pesawat.

Penumpang yang diusir maskapai tersebut adalah seorang aktivis konservatif bernama Brandon Straka yang memiliki hampir 400.000 pengikut di Twitter. Alasan Straka menolak pakai masker karena menurutnya memakai masker di dalam pesawat tidak begitu mendesak, mengingat sebelum masuk pesawat juga sudah dilakukan pemeriksaan yang ketat. Namun, ia tidak mempermasalahkan masalah tersebut dan mengaku telah menerima keputusan maskapai itu.

"Bagi saya ini bukan perang dengan American Airlines. Ketika saya diminta untuk turun dari pesawat, saya turun dari pesawat. Saya tidak menentangnya, saya mengerti bahwa itu adalah peraturan mereka, kebijakan mereka," kata Straka dikutip dari CNBC, Jumat (19/6/2020).

Di sisi lain, pihak maskapai dalam pernyataan resminya menjelaskan bahwa American Airlines memang sengaja memperketat kebijakan penerbangan. Tujuannya untuk melindungi kesehatan seluruh penumpang mereka dari COVID-19.

"Kami berkomitmen melindungi keselamatan dan kesejahteraan pelanggan dan kru kami, itulah sebabnya kami memperkuat penegakan kebijakan kami salah satunya soal kewajiban pengenaan masker di dalam pesawat," tulis pernyataan resmi American Airlines.

Meski begitu, kewajiban mengenakan masker di dalam pesawat tersebut dikecualikan bagi penumpang bayi dan balita serta penumpang yang memiliki kondisi khusus yang justru berbahaya bila memakai masker.



Simak Video "Sanksi Buat Warga Colomadu yang Bandel Ogah Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)