Sering Belanja Online? Begini Biar Nggak Kena Tipu

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 19 Jun 2020 17:08 WIB
belanja online
Foto: Edi Wahyono

Tingkatkan Kewaspadaan

Penjahat cyber sering mencoba dan menyamar sebagai merek atau perusahaan populer sebagai serangan phishing dengan mengirim email penawaran atau diskon palsu seolah-olah benar. Link yang dilampirkan oleh penipu tersebut sudah dilengkapi oleh malware atau perangkat lunak digunakan untuk mengambil dan merusak data komputer.

Konsumen disarankan untuk tetap waspada dari segala hal kiriman yang mencurigakan. Cek keabsahan dari email dan perusahaan tersebut. Jangan langsung tergiur dan ngeklik link yang dilampirkan.

Perusahaan seperti Apple (AAPL), Netflix (NFLX), PayPal (PYPL) dan eBay (EBAY) adalah beberapa layanan yang paling sering ditiru oleh serangan phishing.

Cara terbaik untuk melakukannya pengecekan keaslian link dan akun mencurigakan menggunakan melalui Certified Information Systems Auditor (CISA) di laman ini Anda bisa mengecek apakah URL situs asli atau palsu.

Para ahli memperingatkan kosumen tidak boleh membeli apa pun secara online ketika di jaringan WiFi publik, yang cenderung kurang aman dan matang untuk dieksploitasi. Jika Anda berada di luar rumah dan tidak berada di jaringan aman yang dikenal, lebih aman untuk melakukannya melalui jaringan ponsel Anda,

Perusahaan cybersecurity juga merekomendasikan untuk menggunakan alamat email khusus hanya untuk belanja online.

Halaman


Simak Video "Tergiur Diskonan Lazada, Pasutri Ini Jadi Korban Penipuan"
[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)