Alasan Pengunjung Ngemal Lagi di Tengah Wabah Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 21 Jun 2020 17:15 WIB
Blok M Plaza/Herdi Alif Alhikam-detikcom
Foto: Blok M Plaza/Herdi Alif Alhikam-detikcom
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta sudah kembali membuka mal di tengah masa transisi PSBB. Beberapa masyarakat pun sudah mulai mengunjungi mal meski wabah Corona masih mengancam dan belum usai di Indonesia.

Salah satunya di Plaza Blok M, Jakarta Selatan. Beragam alasan pun disampaikan oleh para pengunjung, kebanyakan mereka mengaku mau jalan-jalan.

Robi salah satunya, dia bahkan mengajak seluruh keluarganya untuk 'nge-mal'. Robi mengatakan dia dan keluarganya ingin mengisi waktu libur hari Minggu dengan jalan-jalan.

"Saya kesini ya mau jalan-jalan ngisi hari Minggu bareng anak istri, ngajak naik MRT aja lah yang simple, ke sini cari makan siang. Anak-anak sudah minta jalan-jalan," kata Robi ditemui detikcom, Minggu (21/6/2020).

Robi mengaku tak khawatir soal virus Corona, menurutnya selama dia dan keluarganya menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga kebersihan diri virus Corona bisa dihindari.

"Ini kan new normal, selama kita bisa jaga protokol kesehatan nggak deket-deketan sama orang-orang, masker dipakai, rajin cuci tangan. Insyallah aman. Anak saya juga rajin saya kasih vitamin agar imunnya terjaga, termasuk saya dan istri," ungkap Robi.

Kemudian ada juga pasangan muda-mudi, Hilal dan Ajeng, keduanya berniat nonton bioskop. Namun sayang bioskopnya belum buka.

"Kita lagi gabut aja jalan-jalan, denger mal buka kita coba deh. Pengin banget nonton tadinya, cuma ternyata belum buka, sempet baca beritanya sih cuma ya coba-coba aja benar belum buka," kata Hilal.

"Sekarang mau muter-muter aja dulu, paling ujungnya makan di bawah," lanjutnya.

Meski mengaku masih khawatir soal Corona, mereka mengatakan sudah berupaya menghindarinya. Salah satunya dengan mengenakan masker dan rajin cuci tangan.

"Kalau dibilang takut ya takut, tapi insyaallah nggak apa-apa deh. Buktinya mal buka, kita patuh aja pakai masker, bawa hand sanitizer. Bosan juga kan kalau di rumah terus," ujar Hilal.

Dari pantauan detikcom sendiri meski sudah dibuka dan dikunjungi masyarakat. Plaza Blok M masih tampak lengang dan sepi.

Pengunjung yang datang pun tak banyak mendatangi toko-toko yang dibuka, dalam satu toko pengunjungnya bisa dihitung jari. Ada juga toko yang belum memiliki pengunjung sama sekali.

Namun di beberapa tempat makan dalam mal, cukup ramai dikunjungi masyarakat ataupun driver ojek online yang mengambil orderan antar makanan.



Simak Video "Sudah Dibuka, Begini Suasana Plaza Blok M di PSBB Masa Transisi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)