Aktivitas Warga Mulai Normal, Ekonomi AS Bergeliat Lagi?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 22 Jun 2020 10:00 WIB
Warga AS berjemur
Foto: 20detik
Jakarta -

Sejumlah wilayah di Amerika Serikat (AS) terus melonggarkan aturan pembatasan sosial hingga lockdown. Selain itu masyarakat juga sudah mulai berwisata, makan di restoran, hingga pindah ke rumah baru.

Mengutip CNBC, mulai menggeliatnya sektor pariwisata, restoran, dan properti mencerminkan pemulihan ekonomi di AS mulai terjadi meskipun pandemi masih berlangsung.

Disebutkan ada tren anyar yang digunakan oleh masyarakat AS di era new normal. Contohnya, saat ini masyarakat lebih memilih untuk menggunakan Apple Maps untuk mencari informasi terkait transportasi umum. Informasi ini biasanya digunakan oleh para pegawai yang bekerja di pusat kota New York dan San Francisco.

Selanjutnya pesanan di restoran pada April 2020 tercatat mengalami penurunan 60% dibandingkan tahun lalu. Namun sejak negara bagian melonggarkan pembatasan, calon pengunjung mulai melakukan reservasi tempat melalui online.

Sektor perhotelan di Norfolk/Virginia tercatat mengalami peningkatan hingga 50%. Lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah lain seperti Phoenix, New York City dan Florida. Hal ini karena murid-murid sekolah sedang liburan musim panas.

Sedangkan untuk penerbangan, tercatat mengalami penurunan penumpang hingga 80%. Namun saat ini jumlah penumpang mulai mengalami peningkatan. Industri penerbangan di AS saat ini juga masih melihat dan menunggu perkembangan pandemi di musim panas ini.

Perumahan juga mengalami tren penurunan saat diumumkan pandemi. Namun setelah pelonggaran mulai terjadi peningkatan pemesanan rumah.



Simak Video "Penembakan Terjadi Saat Pesta di AS, Dihadiri Ratusan Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)