4 Menko Jokowi Dipanggil ke DPR Bahas Anggaran, Muhadjir Absen

Soraya Novika - detikFinance
Senin, 22 Jun 2020 11:57 WIB
4 Menko Jokowi Dipanggil ke DPR Bahas Anggaran, Muhadjir Absen
Foto: Soraya Novika/detikcom
Jakarta -

Seluruh menteri koordinator kabinet kerja di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini menyambangi ruang rapat badan anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Keempat menteri koordinator tersebut dipanggil untuk membahas Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementerian/Lembaga Tahun 2021.

Berdasarkan agenda yang diterima detikcom, rapat dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB. Namun berdasarkan pantauan detikcom, rapat baru dimulai sekitar pukul 10.25 WIB. Rapat dibuka langsung oleh Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah.

Hingga berita ini ditulis, baru hadir tiga Menteri Koordinator (Menko) yakni Menko Bidang Polhukam Mahfud MD, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Sedangkan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, belum hadir. Rapat diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan virus Corona (COVID-19) dengan memberi jarak antar peserta.

Pada pembukaan rapat, Said menyampaikan alasan digelarnya pertemuan ini salah satu untuk membahas agenda pemulihan ekonomi dari pandemi COVID-19. Sebab menurutnya, kesuksesan rencana kerja dan anggaran tahun depan tergantung pada penanganan pandemi COVID-19 tahun ini.

"Pembahasan ini untuk 2021, suksesnya APBN 2021 ditentukan penanganan COVID-19 yang menuju new normal, membawa kita bahwa kita harus berdamai dengan pandemi COVID-19 ini," kata Said membuka rapat di Ruang Banggar DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Kemudian, Said menyerahkan sesi bicara kepada pihak pemerintah. Menko Polhukam Mahfud MD mendapat giliran pertama untuk berbicara, dilanjutkan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan terakhir Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.



Simak Video "Rp 1.177 Triliun Disiapkan Pemerintah Buat Bayar Utang di 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)