Tukin Terancam Ditunda, 40% Instansi Belum Pangkas Eselon

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 22 Jun 2020 15:34 WIB
Pelantikan Eselon I Kementerian Keuangan
Ilustrasi Eselon
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan hingga pertengahan Juni ini baru 60% instansi pemerintah yang menyederhanakan birokrasi dengan memangkas struktur organisasi dan pengalihan jabatan.

Artinya masih ada 40% instansi yang belum menyelesaikan penyederhanaan birokrasi. Tjahjo pun sudah mengusulkan Kementerian Keuangan menunda pencairan tunjangan kinerja (tukin) PNS/ASN yang instansinya belum membereskan tugas tersebut.

"Sampai bulan Juni ini sudah mendekati 60% selesai," kata Tjahjo dalam Webinar di saluran YouTube Kementerian PANRB, Senin (22/6/2020).

Berdasarkan rapat yang dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin, lanjut dia, penyederhanaan birokrasi ini ditargetkan rampung Desember 2020.

"Rapat yang dipimpin oleh Bapak Wapres bahwa diharapkan pada bulan Desember ini sudah selesai secara keseluruhan," sebutnya.

Di tengah upaya penyederhanaan birokrasi ini, dia menjelaskan ada kementerian/lembaga yang justru menambah jumlah eselon. Namun hal itu dapat dipahami karena perlu menyesuaikan dengan tantangan ke depan.

"Ada juga beberapa kementerian yang berani memangkas eselon satunya, tapi juga ada beberapa kementerian/lembaga karena kebutuhan menambah jumlah eselon 1 atau menambah jumlah eselon duanya karena sebagaimana tantangan dan menjawab dari visi misi Bapak Presiden (Jokowi)," tambahnya.



Simak Video "Ini 12 Kategori PNS yang Nggak Dapat THR"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)