Perjalanan Colin Huang, Anak Muda yang Salip Jack Ma Jadi Orang Terkaya

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 23 Jun 2020 15:07 WIB
colin huang
Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Pria berusia 40 tahun, Colin Zheng Huang kini jadi orang terkaya di China. Kekayaannya mencapai US$ 87,58 miliar atau setara Rp 1.226 triliun (kurs Rp 14.000/US$) berkat perusahaannya Pinduoduo.

Jauh sebelum dinobatkan sebagai orang terkaya, Huang hanyalah pria biasa dengan lulusan ilmu komputer yang menyandang gelar master dari University of Wisconsin di Madison.

Seperti anak kuliah pada umumnya, Huang juga ikut magang saat itu kebetulan di Microsoft. Setelah lulus, dia ditawarkan lagi untuk bekerja di Microsoft namun tawaran itu ditolak karena Huang sudah punya visi bagaimana kehidupannya nanti 10 tahun ke depan.

Mengutip Forbes, Selasa (23/6/2020), pada 2004 Huang lebih memilih bekerja di Google sebagai pegawai Software Engineer. Setelah keluar dari Google, Huang tidak langsung membangun Pinduoduo dan tidak langsung sukses begitu saja.

Dia awalnya sempat membangun beberapa startup bernama Ouko.com, yang bergerak di bidang penjualan produk komputer, komunikasi dan konsumer. Dia juga sempat mendirikan perusahaan game online Xinyoudi, namun semuanya tidak bertahan lama.

Sebelum mendirikan Pinduoduo, Huang juga sempat menjadi konsultan teknis di beberapa perusahaan rintisan utama di Tiongkok. Dia juga pernah dimintai tolong pendiri perusahaan game online NetEase, William Ding untuk membantu perusahaan tersebut ketika mengalami masalah teknis.

Dari situ, Huang kemudian dikenalkan William Ding ke pengusaha dibalik smartphone Oppo dan Vivo, yaitu Duan Yongping. Oleh Duan Yongping, Huang diajak makan siang dengan investor kenamaan Warren Buffett pada 2006.

Selanjutnya
Halaman
1 2