Talas Produksi Sulsel Diekspor ke Jepang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 23 Jun 2020 23:10 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (Dok. Istimewa)
Foto: Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah memaparkan komoditas andalan wilayahnya. Komoditas itu adalah Talas Satoimo.

Nurdin bercerita selama dua tahun ini, Satoimo telah menjadi produk ekspor. Sasarannya, langsung ke Jepang, menjadi produk bubuk dan produk setengah jadi lainnya.

"Kami laporkan dua tahun terakhir kami dorong komoditas ekspor. Jadi ada salah satu Talas Satoimo, itu sudah ekspor dua tahun berturut-turut," ungkap Nurdin dalam sebuah webinar bersama Kemenko Maritim dan Investasi, Selasa (23/6/2020).

"Dulu bibitnya dari Jepang sekarang ini sudah powder dan diekspor ke Jepang setengah jadi," ujarnya.


Nurdin menjelaskan Satoimo, memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, dengan antioksidan dan kolagen yang tinggi. Terlebih di tengah Corona, Satoimo bisa jadi peningkat imunitas.

"Satu hal yang menggembirakan, komoditas ini baik untuk kesehatan dan kita budayakan dikonsumsi masyarakat. Karena antioksidan dan kolagennya tinggi, sehingga pandemi COVID-19 ini bisa tingkatkan imun kita," papar Nurdin.

Nurdin juga menjelaskan bahwa Sulawesi Selatan akan menjadi pusat budidaya tuna. Dia menjelaskan pihaknya sudah bekerja sama dengan Wajima Project dari Jepang.

Sebelum wabah Corona, dia menyebutkan sudah ada anak muda Sulawesi Selatan dikirim ke Jepang untuk belajar teknik budidaya.

"Kedua kita dorong budidaya perikanan laut, kami sudah kerja sama dengan Wajima Project dari Jepang, kita sebelum COVID-19, kirim anak muda kita belajar teknik budidaya di sana. Insyaallah kita akan jadi salah satu pusat budidaya tuna dan ikan dasar lain," jelas Nurdin.



Simak Video "Warga Gelar Salat Jumat di Masjid 99 Kubah, Meski Dilarang Gubernur"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)