Ilham Habibie: Entrepreneur Tak Harus Jadi Pengusaha

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 25 Jun 2020 13:12 WIB
Ilham Akbar Habibie
Foto: (detikcom)
Jakarta -

Anak mantan wakil Presiden ke 3 Indonesia BJ Habibie, Ilham Habibie bicara soal entrepreneur atau pengusaha. Menurutnya, untuk memiliki jiwa entrepreneur tak melulu harus menjadi seorang usahawan.

Anak sulung Habibie ini mengatakan entrepreneur adalah sikap yang membuat seseorang bisa melakukan manajemen risiko. Contohnya dengan cara menimbang risiko untuk mendapatkan manfaat paling maksimal.

Dia mengatakan apapun yang dikerjakan, baik menjadi pengusaha bahkan karyawan sekalipun bisa menjadi sukses.

"Tak semua entrepreneur harus jadi pengusaha. Menurut saya entrepreneur adalah sikap orang yang bisa menilai dan menimbang risiko dengan manfaat. Dengan cara itu bisa membuat sukses apapun yang dikerjakan," kata Ilham dalam sebuah peluncuran program teknopreneur, Kamis (25/6/2020).

Dia menjelaskan seorang entrepreneur harus berani mengambil resiko, maksudnya berani melakukan sesuatu yang hasilnya belum pasti. Kemudian, dengan strategi tertentu plus perhitungan akurat berbasis data, seseorang bisa mendapatkan manfaat semaksimal mungkin.

"Kita mesti berani melakukan sesuatu yang tidak kita ketahui hasilnya, tapi dengan cara tertentu kita bisa dapatkan manfaat lebih. Kita sadar membuat perhitungan, mengambil langkah dari data ilmiah," ujar Ilham.

"Kesadaran itu lah yang mesti kita ambil, baik sebagai pengusaha maupun bukan pengusaha," tegasnya.

Dia menyimpulkan, untuk memiliki entrepreneur tak perlu harus jadi usahawan. Namun, memiliki sifat berani mengambil resiko dan melakukan manajemen yang baik untuk mengubahnya menjadi sebuah manfaat.

"Jadi harus ada hubungan yang kita lakukan dan cara mengelola risiko untuk dapat manfaat yang maksimal. Secara umum jangan kita berpikir sempit, bahwasanya kita mesti jadi pengusaha, tidak," ungkap Ilham.

Sekilas mengenai Ilham Habibie, mengikuti karir ayahnya, Ilham kini berkecimpung di dunia teknologi aviasi. Dari catatan detikcom, Ilham telah membangun perusahaan PT Regio Aviasi Industri (RAI), dan kini menjabat sebagai komisaris di RAI. Perusahaan ini akan meneruskan cita-cita mendiang ayahnya dengan mengembangkan pesawat R80.



Simak Video "d'Happening Ilham: Penerus Mimpi Habibie dan Ainun"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)