Heboh 500 Tenaga Kerja China Masuk Sulawesi Tenggara

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 25 Jun 2020 19:00 WIB
Gelombang pertama kedatangan TKA asal China tiba di Bandara Halu Oleo Kendari (Sitti Harlina/detikcom)
Foto: Gelombang pertama kedatangan TKA asal China tiba di Bandara Haluoleo Kendari (Sitti Harlina/detikcom)

Wang menjelaskan para tenaga kerja ini akan segera didatangkan bertahap ke Indonesia, setiap perjalanan juga akan didampingi tenaga medis. Namun, dia tidak menyebut kapan waktu tepatnya. Yang jelas saat ini tenaga kerja China yang jumlahnya ratusan ini sudah diizinkan masuk Konawe.

"Diketahui bahwa pekerja Tiongkok sudah disetujui pemerintah pusat dan pemerintah daerah di taman industri di Sulawesi. Mereka akan datang secara bertahap dalam waktu dekat, dan akan datang didampingi staf medis," ungkap Wang.

Wang sendiri mengklaim bahwa kedatangan para tenaga kerja ini juga akan memberikan keuntungan bagi Indonesia. Kegiatan dan pemulihan ekonomi di daerah sekitar proyek bakal menggeliat kembali.

Keuntungan lainnya, dengan adanya pengiriman TKA China ini, disebutkan akan terjadi transfer teknologi. Sebagai timbal baliknya, China juga akan menarik putra daerah untuk mendapatkan pendidikan di China.

"Pemulihan aliran personel ini kami yakini memiliki banyak keuntungan untuk buka kembali kegiatan dan pemulihan ekonomi. Tiongkok melakukan pelatihan kerja tiap minggu, dan secara berkala memberikan kursus pelatihan ke Tiongkok bagi para pekerja Indonesia," kata Wang.


(ang/ang)