Liverpool Posisi Berapa di Deretan Klub Terkaya Dunia?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 26 Jun 2020 14:02 WIB
Liverpools Trent Alexander-Arnold, left, celebrates after scoring the opening goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Crystal Palace at Anfield Stadium in Liverpool, England, Wednesday, June 24, 2020. (Paul Ellis/Pool via AP)
Foto: Paul Ellis/Pool via AP
Jakarta -

Klub sepakbola asal Inggris, Liverpool kembali jadi buah bibir. Pasalnya meski gelaran Liga Premier Inggris belum usai, mereka telah berhasil menyegel gelar juara dengan menyisakan 7 laga tersisa.

Yang unik dari kemenangan ini adalah Liverpool baru kembali menjuarai liga sejak 30 tahun yang lalu, mereka terakhir mengangkat piala pada tahun 1990.

Mengulas secara bisnis, klub asal Merseyside ini sendiri merupakan klub terkaya no 8 sedunia. Mengutip Forbes, Jumat (26/6/2020) nilai Liverpool dari sisi bisnis disebutkan sebesar US$ 2,18 miliar atau sekitar Rp 30,56 triliun (dalam kurs Rp 14.000). Nilai tersebut berdasarkan perhitungan terakhir Forbes pada Mei 2019 yang lalu.

Klub yang bermarkas di Anfield Stadium ini, dimiliki oleh pengusaha asal Amerika Serikat, John Henry. Liverpool tercatat tergabung dalam induk perusahaan bernama Fenway Sports Group,LLC, bersama tim Baseball AS, Boston Red Sox.

Dari data Forbes, klub yang dijuluki The Reds ini memiliki pendapatan tiket tiap pertandingan US$ 373 juta, pendapatan dari siaran pertandingan senilai US$ 1,02 miliar, pendapatan komersial US$ 580 juta, dan pendapatan dari menjual merek US$ 205 juta.


Dalam daftar yang dibuat Forbes tim sepakbola terkaya sedunia dipegang klub asal Spanyol, Real Madrid. Disusul Barcelona dan Manchester United dalam posisi 3 besar.

Seperti diketahui, seiring dengan kekalahan Manchester City semalam, Liverpool berhasil menjuarai Liga Primer Inggris. Dalam klasemen Liga Primer, Liverpool berhasil meraih 86 poin dari 31 laga, terpaut 23 angka dari Manchester City yang menempelnya di posisi kedua.

Dengan tujuh pertandingan tersisa, Manchester City sudah tak mungkin lagi bisa menyalip Liverpool. Mohamed Salah dkk pun berhak menyegel gelar juara Premier League musim ini.

Dalam daftar yang dibuat Forbes tim sepakbola terkaya sedunia dipegang klub asal Spanyol, Real Madrid. Disusul Barcelona dan Manchester United dalam posisi 3 besar. Kemudian di posisi ke 4 ada Bayern Munich, disusul Manchester City dan Chelsea di posisi 5 dan 6.

Kemudian di posisi 7 dan 8 ada Arsenal dan Liverpool. Disusul Tottenham Hotspur dan Juventus di posisi 9 dan 10.



Simak Video "Liverpool Keok dari Atalanta 0-2"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)