Bareng Pakar Finansial, Pegadaian Bagikan Tips Investasi Emas

Inkana Putri - detikFinance
Jumat, 26 Jun 2020 20:24 WIB
Emas
Foto: Pegadaian
Jakarta -

Pandemi COVID-19 berdampak tak hanya pada sektor kesehatan, tetapi juga pada sektor ekonomi. Terkait hal ini, Pegadaian bersama CEO & Financial Consultant @zapfinance Prita Ghozie memberikan tips investasi emas melalui webinar bertajuk 'Kesempatan Emas: Kesempatan Mengelola Keuangan dan Investasi di Era Pandemi'.

Dalam webinar yang digelar khusus untuk Pegadaian area Bekasi, pada Rabu (24/6/2020) itu, Prita mengungkapkan sebuah penelitian dari McKinsey & Company yang menunjukkan sebanyak 83% masyarakat di Indonesia akhirnya sadar bahwa mengelola keuangan itu penting. Karena perencanaan keuangan tentu membuat masyarakat lebih siap menghadapi masa seperti ini.

Adapun perencanaan keuangan dan investasi merencanakan keuangan dilakukan dengan cara memahami kondisi keuangan masa kini dan tujuan keuangan yang diinginkan, lalu mencari cara untuk mencapainya.

"Salah satu bagian dari merencanakan keuangan adalah dengan mengatur anggaran," ujar Prita dalam keterangan tertulis, Jumat (26/6/2020).

Prita membagi pos keuangan menjadi tujuh yaitu 5% untuk zakat dan sosial, 5% untuk dana darurat, 5% untuk premi asuransi, 60% untuk biaya hidup dan cicilan, 5% digunakan untuk menabung, 10% untuk investasi, serta 10% sisanya untuk gaya hidup.

"Dan mungkin kita punya keinginan dan juga kebutuhan di masa depan untuk melindungi orang yang kita sayangi, maka dari itu, kita perlu juga untuk investasi," imbuh Prita.

Dalam webinar tersebut, Prita juga menjelaskan terkait pentingnya investasi bagi kehidupan yang mana investasi dilakukan karena adanya tingkat inflasi, produktivitas menurun, dan potensi keuntungan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, memilih investasi pun tidak boleh sembarangan. Investasi harus sesuai dengan tujuan keuangan dan perlu menyesuaikan dengan profil risiko masing-masing. Investasi pun harus dibuat beragam dan bukan hanya terfokus pada satu jenis investasi saja. Dalam berinvestasi juga harus memilih potensi keuntungan dan risiko yang wajar serta mempelajari dan memahaminya.

"Mempelajari dan memahami (investasi) maksudnya kita sadar betul dengan apa yang kita pilih dan beli. Kita sadar uang kita dipakai untuk apa saja," katanya.

Emas menjadi salah satu aset yang sering digunakan dalam investasi. Selain mudah dibeli, emas juga bisa untuk siapa saja. Terkait investasi emas, Prita menyarankan untuk memilih emas batangan karena memiliki standar dan jelas 24 karat.

Dalam webinar yang diadakan Pegadaian bekerja sama dengan Big Alpha ini, Vice President Pegadaian Area Bekasi, Anna Savitri menjelaskan berbagai cara untuk mendapatkan emas di Pegadaian yaitu dengan cicilan atau menabung emas. Bedanya mencicil emas adalah membeli emas dengan sistem cicilan tetap per bulan.

Jika ingin membeli emas namun belum punya banyak uang, bisa memilih menabung emas karena bisa memiliki emas mulai dari 0.01 gram saja. Baik mencicil emas dan menabung emas, keduanya dapat dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Adapun webinar Kesempatan Emas ini dilaksanakan di 61 area Pegadaian seluruh Indonesia dan berlangsung mulai tanggal 9 Juni 2020 hingga 23 Juli 2020 mendatang. Webinar bisa disaksikan setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis mulai pukul 11.00 hingga 12.00 melalui aplikasi zoom dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri.

Selain Prita, turut hadir 6 pembicara lainnya seperti Lead Financial Trainer QM Financial Ligwina Hananto l, Financial Educator Investashe Anisa Aprilia, CEO Big Alpha Tirta Prayudha, Advisor Big Alpha Ni Putu Desinthya, Vice CEO Value Emagazine Aliyah Natasya, dan Creative Entrepreneur, Content Creator Fellexandro Ruby.

Tak hanya membagikan ilmu terkait investasi, webinar ini juga memberikan banyak promo menarik untuk peserta. Promo tersebut meliputi tiga voucher tabungan emas untuk pertanyaan terbaik di setiap webinar, diskon bagi seluruh peserta webinar yang bertransaksi tabungan emas maupun cicil emas di aplikasi Pegadaian Digital, dan hadiah gratis 3 gram tabungan emas untuk 3 orang dengan transaksi terbesar.

Bagi yang ingin menimba ilmu di Webinar Kesempatan Emas Pegadaian, bisa mendaftarkan diri dan mendapatkan informasinya melalui instagram @sahabatpegadaian.



Simak Video "Ligwina Hananto Hingga Christian Sugiono Kasih Tips Investasi Properti"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)