Bisnis Mandek Saat Pandemi, Pengusaha Harus Apa?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 27 Jun 2020 17:15 WIB
Dampak Corona ke Ekonomi
Foto: Dampak Corona ke Ekonomi (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat banyak pelaku usaha offline mengalami kerugian. Namun pengusaha juga harus memiliki cara untuk segera bangkit agar bisnis bisa tetap berkembang.

Founder dan CEO Creativepreneur Event Creator Putri Tanjung mengatakan entrepreneur harus memikirkan bagaimana cara untuk bangkit atau bertahan di tengah situasi sulit seperti pandemi.

"Memang sekarang ini waktu yang membingungkan untuk entrepreneur, harus ngapain kita? Faktanya 56% UMKM itu mengalami penurunan profit. Jadi banyak UMKM ketakutan, masa depannya akan seperti apa dan harus bagaimana," kata dia dalam diskusi online, Kagama Inkubasi Bisnis, Sabtu (27/6/2020).

Menurut dia, dunia berkembang begitu cepat dan disrupsi terjadi setiap detik. Kondisi new normal ini terus berubah termasuk mempengaruhi industri.



Namun seorang pengusaha harus melihat kesempatan yang ada di depan mata. Pengusaha juga harus mampu berpikiran terbuka untuk menjalankan roda bisnisnya.

"Jadi CEO nya harus punya mindset dulu, ini pasar berubah nggak, kita juga harus berubah. Sebagai entrepreneur ini adaptive leader harus mengikuti perubahan zaman," jelas dia.

Apalagi di tengah pandemi, kebiasaan orang-orang berubah sangat cepat. Apalagi untuk segmen milenial saat ini serba digital. Tercermin dari adanya pertumbuhan 18,1% penjualan secara online dengan 98,3 juta transaksi.

Terutama dari segmen makanan dan minuman mencatatkan pertumbuhan yang paling signifikan. Karena itu dibutuhkan digitalisasi untuk membantu menjalankan bisnis di era pandemi ini.



Simak Video "Kisah Kevin Hendrawan Bekerja Keras untuk Terus #CariArti"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)