ADVERTISEMENT

Strategi Maksimalkan Bonus Demografi untuk Genjot Ekonomi Saat Pandemi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 29 Jun 2020 12:31 WIB
Poster
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Dalam kegiatan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ke XV melalui teknologi virtual di era New Normal.

Hal ini sekaligus membuktikan bahwa sebagai generasi muda, HIPMI mendorong agar setiap berorganisasi harus menghargai para pemimpinnya, sehingga melahirkan organisasi yang hebat.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H Maming dalam sambutan acara Musda BPD HIPMI Sulsel, Sabtu (27/6/2020) lalu.

Maming yakin, di era bonus demografi 5 hingga 10 tahun ke depan yang menjadi ajangnya anak muda yang sudah siap di organisasi HIPMI dengan dilandasinya para senior yang selalu menjaga dan memberi bimbingan, sehingga organisasi yang harus perlu diingat kepada para penerusnya dan senior-seniornya serta kepada pembimbing-pembimbing semuanya. Dengan menghargai para pemimpinnya, maka organisasi HIPMI menjadi hebat.

"Tidak ada manusia yang sempurna kalau pemimpin kita hanya satu yang salah, sembilan kebaikan yang mereka buat, maka yang kita ingat hanya satu kesalahan. Itulah kita manusia dalam menilai orang, padahal lebih banyak kebaikan yang dia lakukan daripada kejahatan, sehingga mestinya kita harus memberi penghormatan kepada semua para pemimpin kita," ujar Maming.

Maming menambahkan, jika pemuda atau pengusaha HIPMI menghormati sesama pengurusnya, dirinya yakin organisasi HIPMI akan semakin besar di bawah pemimpinnya atau bimbingan para senior semua.

"Di masa jabatan saya, hampir 50 tahun HIPMI dari masa ke masa, mudah-mudahan dalam 10 tahun ke depan HIPMI sudah mempersiapkan mau kemana arahnya. Mudah-mudahan ini menuju era keemasan HIPMI dan HIPMI akan menjadi organisasi yang hebat," ucapnya.

Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu melanjutkan, di dalam era New Normal atau pandemi Covid-19 ini diharuskan beradaptasi bukan saja dalam berbisnis tapi juga dalam berorganisasi.

Dalam gelaran Musda secara virtual ini, Maming bilang, pihaknya perlu melakukan serangkaian acara yang sama tidak hanya BPD-BPD lain, tapi juga Badan Pengurus Cabang (BPC) yang nantinya akan melanjutkan Musda secara virtual.

"Instruksi saya bukan hanya di tingkat provinsi, tapi juga dilanjutkan ke tingkat BPC karena sampai saat ini masalah pandemi Covid-19 belum ditemukan vaksinnya. Sehingga kita harus hidup di era New Normal karena adanya ketidakpastian, kita tetap berjalan sesuai era New Normal ini," ungkapnya.

Selain itu, Maming juga meminta kepada pengurus HIPMI untuk berkoordinasi kepada mantan ketua umum (mantum) yang ada di Sulawesi Selatan. Pasalnya, dirinya ingin persaudaraan HIPMI tetap solid sesuai dengan moto "Bertanding untuk Bersanding" yang membuat HIPMI menjadi organisasi yang besar.

"Kalau bisa bikin grup yang mana grupnya adalah para mantum HIPMI BPD Sulawesi Selatan, kita di BPP juga sudah ada grup khusus mantum-mantum BPP HIPMI dan insya Allah pada 30 Juni ini saya mengundang para mantum untuk hadir semua di kantor BPP untuk melihat kantor BPP HIPMI dan menandatangani foto-foto beliau yang ada disini. Saya yakin kalau keluarga HIPMI bersatu yang terlibat di eksekutif/legislatif atau terjun ke dunia politik, bangsa ini akan bisa dikuatkan oleh organisasi HIPMI," tuturnya.

Maming pun menitipkan para pengurus BPD HIPMI Sulsel kepada Gubernur Sulawesi Selatan untuk memberikan bimbingan agar bisa menjadi pengusaha-pengusaha hebat dan juga bisa menjadi calon birokrasi atau eksekutif/legislatif di masa yang akan datang.

"Itu pesan dan doktrin saya kepada pengusaha HIPMI karena saya mau anak muda harus hadir di legislatif/eksekutif, tidak ada sejarah bangsa dan negara ini yang bisa merubah, hanya anak muda lah yang bisa merubahnya. Anak muda itu ada di organisasi HIPMI," tegas Maming.

Di waktu yang sama, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah memberikan selamat atas pelaksanaan Musda HIPMI Sulsel XV. Menurutnya, acara ini menjadi contoh musyawarah yang patut diapresiasi.

"Saya memberikan penghargaan setinggi-tinggnya kepada Ketua Umum BPD Sulsel yang secara aktif telah mendorong perekonomian khususnya di Sulsel. Kita berharap pandemi Covid-19 ini cepat pulih dan HIPMI cepat menyusun skema agar kembali normal perekonomian kita, seperti misalnya pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa kembali bekerja," ujar Nurdin.


Melalui Musda yang merupakan suatu kewajiban organisasi sebagai evaluasi, kata Nurdin, agar HIPMI Sulsel ikut aktif dalam perekonomian bangsa, mendesain program kerja dan menjawab kebutuhan, tantangan, serta kemampuan yang sejalan dengan daerah khususnya Provinsi Sulawesi Selatan.

Namun demikian, pihaknya menyadari bahwa mengembangkan dan meningkatkan perekonomian saat ini penuh dengan tantangan dan kendala saat pandemi Covid-19, sehingga diharapkan HIPMI lebih cerdas dan kreatif mempunyai peranan strategis.

"Berkenan dalam hal tersebut, Musda HIPMI ini mendapatkan semangat hal yang baru dan memotivasi para anggota HIPMI, peluang usaha dalam sumber daya alam (SDA) Sulsel, pengelolaan SDA dan partisipasinya, serta kemajukan lokal dan investor lokal mau menanamkan modalnya di Sulses," ucapnya.

Tentu dia berharap kepada pengurus HIPMI punya komitmen yang sama ke arah yang lebih baik dan bersinergi dengan pemerintah Sulsel, khususnya menyukseskan agenda pembangunan Sulsel. Bisa membantu secara serentak dan keahlian HIPMI yang mempunyai data yang sudah mempunyai peluang.

"Sebagai dalam rangka demokrasi yang bersih dan bermartabat, kami jaga dengan baik. Selama menjalankan Musda HIPMI dan menjalankan program kerja yang baik untuk melanjutkan tugas kita kepada bangsa dan negara kita," ungkapnya.

Ketua Umum BPD HIPMI Sulawesi Selatan terpilih masa bakti 2020-2023 Andi Rahmat Manggabarani, berkomitmen untuk bersama-sama kepada seluruh pengurus BPD HIPMI Sulsel menjadi bagian dari titik-titik untuk menghubungkan dan mengontribusikan perekonomian bangsa khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Pihaknya juga berkomitmen untuk memberikan sumbangsihnya dan pengalaman-pengalamannya yang jauh lebih baik.

"Mari kita rawat dan jaga bersama BPD HIPMI Sulsel ini ke pintu yang bisa membukakan kesejahteraan ke pengusaha-pengusaha muda," tuturnya.

Kemudian, Ketua Umum Demisioner BPD HIPMI Sulsel Herman Heizer mengatakan, pelaksanaan Musda BPD HIPMI Sulsel ini merupakan petunjuk dari Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H Maming yang ingin menyaksikan roda organisasi tetap berjalan dan berputar walau badai pandemi Covid-19 yang tak kunjung berhenti.

"Yang telah mengakhirinya dengan segala baik dan yang akan melanjutkannya agar menjadi lebih baik. Saya kira ini sangat penting saat adanya pandemi Covid-19, karena kita tidak bisa berdaya tanpa kolaborasi dan kerjasama serta kebersamaan dalam berorganisasi dan berbisnis. Saya yakin, BPD HIPMI Sulsel di bawah kepemimpinan Ketum Andi Rahmat Manggabarani bisa mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkeadilan," ujar Herman.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT