Sindir Sri Mulyani soal Utang ke BUMN, Andre: Katanya Menteri Terbaik?

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 30 Jun 2020 13:43 WIB
Andre Rosiade
Foto: Amalia Dwi Septi/detikcom
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade menegur Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati soal utang pemerintah ke BUMN yang tak kunjung dibayarkan. Sementara badan usaha milik negara membutuhkan dana tersebut.

Andre menyindir bendahara negara tersebut sebagai menteri keuangan terbaik tapi utang kepada BUMN tak juga diselesaikan.

"Seharusnya setelah diaudit oleh BPK di tahun anggaran yang sama, menteri keuangan membayar, jangan sampai masalah ini terus diulur-ulur. Katanya menteri keuangan terbaik? tapi yang ada bukan hanya hobi berutang ke luar negeri, menteri keuangan kita juga hobi utang sama BUMN kita," kata dia Selasa (30/6/2020).

Andre menyampaikan hal tersebut dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, Didiek Hartantyo dan Dirut PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur, membahas pencarian utang pemerintah ke BUMN tahun anggaran 2020.

Dari pembahasan seminggu terakhir ini oleh Komisi VI dan mitra kerjanya, Andre menilai bahwa 'penyakit' pemerintah memang suka berutang kepada BUMN.

"Memang penyakit pemerintah wal bil khusus menteri keuangan memang hobi berutang sekali dengan BUMN. BUMN kita dibebankan tugas-tugas tapi pemerintah melalui menteri keuangan hobinya tidak mau bayar sesuai dengan tahun anggaran yang berlaku," jelasnya.

Andre meminta kondisi tersebut menjadi perhatian Komisi VI dan dimasukkan ke dalam kesimpulan rapat dengar pendapat hari ini agar dapat ditindaklanjuti.

"Nah harapan saya sekali lagi pimpinan, ini benar-benar menjadi kesimpulan rapat kita ke depan, sekali lagi kita harus tegas dengan menteri keuangan yang katanya menteri keuangan terbaik, jangan hobi, bukan hanya menerbitkan surat utang negara tapi juga hobi berutang kepada BUMN-BUMN kita," tambahnya.



Simak Video "Kata Polda Sumbar soal Aksi Andre Rosiade Gerebek PSK di Hotel"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)