RI Pasok Makanan Olahan Rp 1 T ke Filipina dan Timur Tengah

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 30 Jun 2020 22:00 WIB
Mendag Agus Suparmanto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kunjungi pusat perbelanjaan. Kedatangannya untuk tinjau protokol kesehatan di pusat perbelanjaan.
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto melepas ekspor makanan olahan produksi Mayora Group ke Filipina dan negara-negara Timur Tengah. Di kesempatan ini, Agus melepas kontainer ekspor ke-4.000 periode Juni 2020 dengan nilai Rp 1,07 triliun.

"Dengan pelepasan kontainer ke-4.000 Mayora Group periode Juni 2020 dengan nilai Rp 1,07 triliun, diharapkan produk mamin (makanan & minuman) Indonesia semakin eksis dan dikenal, tidak hanya di kancah domestik namun juga di seluruh dunia dan dapat diikuti pelaku usaha lainnya di Indonesia," ujar Agus dalam keterangan resminya, Selasa (30/6/2020).

Dengan pelepasan kontainer ekspor ke-4.000 periode Juni 2020 ini, maka sepanjang Januari-Juni 2020, Mayora Group telah mengekspor sebanyak 17.000 kontainer.


Menurut Agus, ada beberapa produk Mayora yang sudah mendominasi di negara-negara tujuan ekspor tersebut. Misalnya produk kopi kemasan dan permen kopi. Produk kopi kemasan Mayora menguasai pangsa pasar di Filipina hingga 46%. Lalu, produk permen kopi dari Mayora menjadi produk nomor satu di di Filipina, Vietnam, Malaysia, India, kawasan Afrika dan Timur Tengah, hingga Amerika Serikat (AS).

Melihat itu, Agus optimistis ekspor produk makanan olahan tetap tumbuh di tengah pandemi Corona. Namun, ia berpesan demi meningkatnan daya saing, produk makanan olahan ini harus menyesuaikan permintaan pasar yang mengalami perubahan di tengah pandemi.

"Sektor makanan dan minuman dipastikan dapat bertahan dan berkembang di tengah kondisi saat ini, namun juga perlu memperhatikan adanya peningkatan awareness konsumen untuk produk makanan dan minuman seperti hygiene dan produk yang baik untuk imunitas tubuh," tutup Agus.



Simak Video "Sebentar Lagi, Blak-blakan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)