The Fed Borong Surat Utang Orang Terkaya Dunia, Untuk Apa?

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 18:36 WIB
Warren Buffett tercatat sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan US$ 84 miliar atau Rp 1.232 triliun. Meski kaya raya, gaya hidupnya sederhana.
Foto: Istimewa
Jakarta -

Bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed membeli surat utang Berkshire Hathaway Energy milik Warren Buffet senilai US$ 5,7 juta atau setara Rp 81 miliar (kurs Rp 14.200). The Fed membeli surat utang ini untuk meningkatkan pinjaman di pasar kredit yang terganggu selama pandemi COVID-19.

Sejatinya, perusahaan milik salah satu orang terkaya dunia itu tak membutuhkan bantuan The Fed. Hanya saja, langkah The Fed ini merupakan bagian dari program Fasilitas Kredit Korporasi Pasar Sekunder (SMCCF). The Fed ingin menjaga agar korporasi Amerika tetap bisa bertahan di tengah kondisi ekonomi yang sulit diprediksi.

The Fed juga telah memberi surat utang beberapa korporasi lainnya, yakni Walmart (WMT), Boeing (BA), ExxonMobil (XOM) dan Coca-Cola (KO). Selain itu ada Caterpillar (CAT), Ford, Dolar Umum (DG), Home Depot (HD) dan Marriott (MAR).

The Fed juga merilis daftar 794 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dibeli obligasinya. Perusahaan yang memenuhi kriteria meliputi raksasa teknologi Amazon (AMZN), Applem dan Google. Ada juga raksasa media Comcast (CMCSA), Walt Disney (DIS) dan induk CNN WarnerMedia.

Tujuan dari program ini bukan untuk menjamin perusahaan tertentu, tetapi untuk memastikan perusahaan yang layak kredit memiliki akses modal. Tanpa itu, gelombang kebangkrutan akan menghantui sejumlah perusahaan dan berpotensi membuat ekonomi tertekan.

"Ini merupakan strategi yang bagus. The Fed ingin memberikan insentif dan mendorong perusahaan seperti Berkshire, Verizon, Apple dan yang lainnya untuk menjadi lebih aktif secara ekonomi," kata David Kotok, Ketua dan Kepala Investasi di Cumberland Advisors.



Simak Video "The Fed Waspadai Ancaman Virus Corona Terhadap Ekonomi Global"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)