Pizza Hut AS Terancam Bangkrut, Bagaimana Nasib yang di RI?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 02 Jul 2020 17:38 WIB
pizza hut
Foto: iStock/Pizza Hut
Jakarta -

Salah satu waralaba (franchise) terbesar Pizza Hut di Amerika Serikat (AS) NPC International dalam kondisi sulit. Perusahaan memutuskan untuk mengajukan pailit.

Apa dampaknya ke Pizza Hut di Indonesia?

Sekretaris Perusahaan PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA) Kurniadi Sulistyomo mengatakan, pihaknya tak mengetahui proses kepailitan tersebut. Dia menjelaskan, Sarimelati Kencana merupakan pemegang hak lisensi waralaba tunggal di Indonesia.

Pihaknya tak ada hubungan dengan perusahaan yang mengajukan pailit tersebut, sehingga apapun keputusannya tidak berpengaruh pada Pizza Hut Indonesia.

"Permasalahan kepailitan yang terjadi di Amerika Serikat, dapat kami sampaikan bahwa perkara tersebut bersifat terpisah. Kami tidak mengetahui bagaimana proses kepailitan yang terjadi di sana," ujarnya kepada detikcom, Kamis (2/7/2020).

"Dapat kami sampaikan, bahwa PT Sarimelati Kencana Tbk, merupakan pemegang hak lisensi waralaba tunggal di Indonesia, dan kami tidak memiliki hubungan afiliasi dengan Pizza Hut Amerika Serikat tersebut. Apapun nanti putusan pengadilan di Amerika Serikat, maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja dan kegiatan usaha kami, Pizza Hut di Indonesia," paparnya.

Menurutnya, NPC juga merupakan salah satu penerima waralaba. Kembali, ia mengatakan, pihaknya tak ada hubungan afiliasi atau hukum.

"NPC juga hanya salah satu penerima waralaba/franchise. Tidak terkait secara afiliasi atau hukum dengan Sarimelati Kencana," tutupnya.



Simak Video "Pemerintah Berniat Tambah Gaji Pekerja yang di Bawah Rp 5 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)