4 Jurus Operator Bandara Bantu Pulihkan Ekonomi Saat New Normal

Ardan Adhi Chandra, Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 05 Jul 2020 16:15 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator bandara di Indonesia menargetkan bulan Juli ini lalu lintas penerbangan dapat pulih. Maka dari itu, mereka sudah menyiapkan strategi pemulihan (recovery) lalu lintas penerbangan guna mendukung aktivitas perekonomian.

"Mulai Juli 2020, kami menekankan dimulainya recovery lalu lintas penerbangan guna mendukung aktivitas perekonomian di Indonesia. Fokus pemulihan pada tahap awal adalah rute domestik untuk memperkuat konektivitas kota-kota di Indonesia," ujar Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Minggu (5/7/2020).

"Tentunya sektor penerbangan nasional tetap mengedepankan protokol kesehatan dan keamanan," lanjutnya.

Berikut 4 langkah yang sudah disiapkan di dalam strategi pemulihan lalu lintas penerbangan nasional:
1. Optimalisasi slot hingga 30%
Di tahap awal recovery pada bulan ini , PT Angkasa Pura II menargetkan slot time di 19 bandara dapat digunakan 30%. Misalnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam satu hari terdapat 1.100 slot time penerbangan, maka ditargetkan dalam satu hari dapat digunakan sebanyak 330 slot time.

"Slot time ditargetkan meningkat bertahap. Pada Juli ini, kami targetkan rata-rata 30% dari sebelumnya di tengah pandemi ini berkisar 10%-20%. Kemudian pada tahap berikutnya target akan ditingkatkan," ujar Awaluddin.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Rusia Kembali Buka Penerbangan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]