HUT ke-74, BNI Ajak Pengrajin Wastra Go Online

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Senin, 06 Jul 2020 17:37 WIB
BNI
Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) BNI Tambok P Setyawati (kanan) dan Pemilik Tenun Puta Dino Kayangan Anita Gathmir (kiri)/Foto: BNI
Jakarta -

Dunia online kini telah menjadi peradaban baru yang tidak dapat dihindari, karena masyarakat semakin dimudahkan dengan adanya era digital tersebut. Untuk itu, menapaki usia 74 tahun, BNI menegaskan mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan mendorong UMKM agar semakin mahir berdigital dan Go Online.

Salah satunya ditunjukkan dengan digitalisasi UMKM penghasil kain langka, yang diharapkan dapat mencapai pasar yang semakin luas dan konsumen yang semakin banyak, serta menaikkan kelasnya menjadi pelaku usaha modern. BNI memboyong ke-7 kain tersebut dari daerah pelosok ke Jakarta hingga 9 Juli 2020.

Direktur Bisnis UMKM BNI Tambok P Setyawati mengungkapkan, dengan adanya situs digital seperti www.bunganusantara.id, siapapun dapat membeli kain-kain bernilai tinggi seperti Wastra 7 Pulau secara online.

"Kolaborasi BNI dengan UMKM Wastra 7 Pulau dan Desainer Ternama Indonesia ini merupakan langkah nyata dari kami, untuk menjadikan Wastra Nusantara dihargai melalui kreasi karya fashion designer sebagai influencer fashion di tanah air. Pada akhirnya karya tersebut akan menjadi trend fashion & inspirasi bagi dunia fashion untuk bersama memajukan ekonomi bangsa melalui cinta produk nusantara & bangga buatan Indonesia," ujar Tambok dalam keterangan tertulis, Senin (6/7/2020).

Wastra 7 pulau yang ditampilkan pada situs www.bunganusantara.id adalah Tenun Tidore dari Maluku Utara, Songket Lombok dari Nusa Tenggara Barat, Tenun Pontianak dari Kalimantan Barat, Tenun Sengkang dari Wajo Sulawesi Selatan, Tenun Manggarai dari Nusa Tenggara Timur, Batik Tanah Liek dari Sumatera Barat dan Batik Wonogiren dari Jawa Tengah.

Agar produk UMKM Wastra Nusantara ini naik kelas, BNI berkolaborasi dengan beberapa desainer ternama Indonesia. Para desainer ini akan membuat karya berbahan kain dari 7 pulau ini agar menjadi fashion modern tanpa meninggalkan nafas budaya aslinya.

BNI memilih Wastra sebagai representasi produk original Indonesia yang patut dibanggakan karena setiap helai kain tidak hanya mengandung budaya dan kreativitas pembuatnya, melainkan juga memiliki memori peradaban. Jika satu Wastra hilang, maka dikhawatirkan hilang pula simbol sebuah peradaban luhur nusantara.

Situs bunganusantara.id mengacu pada program yang didesain agar dapat membantu UMKM Go Online, mulai dari persiapan awal (mengenal fotografi dan teknik pengemasan produk) hingga cara meng-upload produk di marketplace. Program ini disebut BNI UMKM Unggulan Nusantara (Bunga Nusantara). Pelaku usaha yang diajak tidak terbatas hanya pada beberapa jenis produk saja, tetapi merata, mulai dari fashion, kerajinan hingga kuliner. Ini adalah upaya BNI dalam mengangkat potensi UMKM daerah ke kancah nasional & internasional.

Selain itu BNI juga aktif menyalurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta mengembangkan kapasitas dan kapabilitas UMKM agar Naik Kelas melalui program-program pelatihan pengembangan bisnis dan digital marketing yang secara kontinu diadakan oleh Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI untuk UMKM Indonesia. Hingga saat ini, BNI membina 44 Rumah Kreatif BUMN yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Promo HUT BNI

Dalam rangkaian HUT BNI ke - 74, BNI mendorong UMKM untuk mulai bangkit di era New Normal dengan membantu memasarkan produk- produknya dengan penawaran Istimewa bagi pemegang Kartu Debit dan Kartu Kredit BNI diantaranya program cicilan 0%, BNI Cashback, BNI Reward Points serta beragam penawaran menarik lainnya.

BNI juga menghadirkan e-Katalog Berseri 1.740 UMKM Nusantara sepanjang Juli 2020 untuk membantu pemasaran produk UMKM secara online hingga dapat menjangkau ke pelosok Indonesia.

Wedang dan Kuliner

Selain Wastra Nusantara, kegiatan Bangga Buatan Indonesia ini juga menampilkan 7 Wedang Nusantara seperti Air Guraka Ternate, Wedang Uwuh, Wedang Sereh, Bajigur, Lemori, Jahe Merah, The Temulawak serta 40 Snack Nusantara dari UMKM Unggulan BNI. UMKM yang ditampilkan dalam kegiatan Cinta Produk Nusantara ini merupakan mitra binaan Bank Negara Indonesia yang berasal dari Rumah Kreatif BUMN serta pelaku usaha yang mendapatkan pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat BNI.

HUT ke-74 BNI bertema Satukan Energi untuk Indonesia di Era New Normal yang menjadi momentum untuk turut mendukung langkah pemerintah dalam membangkitkan perekonomian bangsa di era normal baru melalui UMKM dan Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Dengan membeli produk UMKM dalam kegiatan ini, secara tidak langsung karyawan BNI telah membantu pelaku usaha untuk bangkit dan bertahan dengan bisnisnya.

Hingga saat ini, BNI telah sukses mengajak 250.231 UMKM untuk Go Online.



Simak Video "Berbagi Optimisme di Tengah Pandemi dengan Gerakan #AntarkanSemangat"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)