Wacana Cukai Emisi Kendaraan Bermotor Dibahas Lagi

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 07 Jul 2020 06:00 WIB
Yamaha Indonesia kembali menambah model sepeda motor yang diekspor. Kali ini, pabrikan berlogo garpu tala ini mengekspor skuter matik (skutik) bongsor ke Eropa yaitu Yamaha XMAX 300.
Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Pemerintah sepertinya serius mewujudkan wacana penerapan cukai terhadap emisi kendaraan bermotor. Wacana itu sudah mulai diperdalam.

Awalnya wacana itu dihembuskan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Februari lalu. Ternyata rencana itu mulai dibahas serius.

Usulan pengenaan cukai terhadap emisi kendaraan itu sudah mulai dibahas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kementerian Koordinator Perekonomian pun diminta mendalami rencana tersebut.

"Itu akan dibahas lagi karena sebetulnya itu dari Pak Menko Ekonomi. Saya minta pendalaman dari Sesmenko Ekuin karena kalau misalnya terkait pungutan untuk karbon tadinya saya lihat kalau disebut pajak retribusi ada kaitan dengan undang undang," kata Menteri LHK Siti Nurbaya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Siti melanjutkan, kebijakan pengenaan cukai terhadap emisi kendaraan bermotor sangat mungkin dilakukan. Meskipun butuh proses sebelum kebijakan itu diterapkan.

"Makanya formulasi harusnya disusun dulu tapi tadi Pak Menko katakan sangat mungkin dengan cukai. Saya akan pelajari lagi," kata Siti.

lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kejaksaan Agung Tahan 3 Pejabat Bea Cukai Batam"
[Gambas:Video 20detik]