Ada Penumpangnya Positif Corona, Bos Garuda: Don't Worry

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 07 Jul 2020 16:37 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sempat disorot karena ada penumpang dengan kode penerbangan GA 682 Jakarta-Sorong positif Corona.

Terkait itu, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra meminta penumpang tidak perlu takut untuk naik Garuda. Virus Corona diklaim tidak akan menyebar di dalam pesawat.

"Kalau ada yang positif di lingkungan kita don't worry. Kalau di pesawat kita punya sistem di mana sirkulasi udara di pesawat itu vertikal," kata Irfan saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR RI, Selasa (7/7/2020).

Irfan menjelaskan bahwa pesawat memiliki filter penyaringan partikel yang kuat (High Efficiency Particle Filters/HEPA). Kecanggihan filter ini dapat menyaring serta membuat sirkulasi ulang dari kabin dan mencampurkannya dengan udara bersih.

"Jauh lebih aman di pesawat karena ada filter HEPA yang menyaring virus dan bakteri, dipanaskan, dimasukkan, diputar lagi. Mestinya secara teori tidak terjadi penyebaran (Corona)," ucapnya.

Meski begitu, pihaknya masih perlu pembuktian agar ucapan tersebut bersifat matang.

"Tapi ini kita perlu buktikan karena tidak cukup sebuah dokumen yang menyatakan ini tidak tersebar. Tetapi kita perlu buktikan," imbuhnya.



Simak Video "Pramugari Garuda Pakai Face Shield Ketimbang Baju APD, Ini Kata Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)