Harga Masker 'Viral' Istri KSAD Ini Tembus Rp 20 Jutaan

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 07 Jul 2020 17:10 WIB
Istri KSAD Andika, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono pakai masker respirator
Foto: (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta -

Baru-baru ini, jagat media sosial dihebohkan dengan penampakan masker transparan milik istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono. Disebut-sebut, harga masker yang dikenakan Diah tersebut bisa mencapai Rp 20 juta. Kok bisa?

Untuk diketahui, masker yang dipakai istri KSAD itu adalah masker respirator buatan Clean Space Technology seri Halo. Masker respirator ini bisa menyaring berbagai partikel, seperti debu, bakteri, dan virus. Menurut CEO Clean Space, Dr Alex Birrell, masker ini memanfaatkan teknologi perangkat medis terbaru dalam perlindungannya.

"Respirator Clean Space memanfaatkan teknologi perangkat medis terbaru untuk perlindungan dan kinerja tinggi, dibandingkan respirator pelindung perawatan kesehatan tradisional. Desain yang intuitif dan ergonomis membuat pengguna mudah menggunakannya. Masker ini sangat penting digunakan oleh para tim petugas kesehatan," kata Birrell dikutip dari situs resmi Clean Space Technology, Selasa (7/7/2020).

Spesifikasi tersebut membuat masker ini sangat wajar dihargai begitu tingginya. Mengutip data Fisher Scientific, harga masker ini dipatok sebesar SGD 2.133 atau setara Rp 22,05 juta (kurs Rp 10.341/SGD).

Di situs lainnya, dari salah satu pemasok masker tersebut, protectivesupplies.com, masker seri ini dijual dengan harga £599 atau sekitar Rp 10,78 juta (kurs Rp 18.007/GBP).

Dalam situs tersebut, diterangkan bahwa stok masker satu ini kini telah cukup langka. Karena pandemi COVID-19, perusahaan tidak mampu memasok masker seri Halo itu karena semua unit sudah dialokasikan untuk institusi medis. Bila ada yang berminat, situs pemasok masker itu menawarkan calon pembeli untuk melakukan pemesanan melalui email perusahaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2