Kisah Bisnis 'Steve Jobs' China yang Kini Berharta Rp 228 T

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 09 Jul 2020 11:29 WIB
Xiaomi founder and CEO Lei Jun attends a launch ceremony of the new flagship phone Xiaomi Mi 9 in Beijing, China February 20, 2019. REUTERS/Jason Lee     TPX IMAGES OF THE DAY
Foto: REUTERS/Jason Lee
Jakarta -

Sebagai ponsel pintar, Xiaomi mulanya bukanlah perangkat yang terkenal. Namun, hanya dalam waktu yang singkat perangkat ini membanjiri pasar dan banyak digunakan orang.

Kunci keberhasilan Xiaomi menarik konsumen ialah murah. Bukan sekadar murah, tapi juga canggih. Tak heran, kini Xiaomi menjadi salah satu merk ponsel pintar yang dikenal orang selain Apple dan Samsung.

Besarnya Xiaomi seperti sekarang tak lepas dari sosok 'Steve Jobs' dari China, Lei Jun. Pria kelahiran 16 Desember 1969 tersebut adalah pendiri Xiaomi.

Lei membangun Xiaomi dari nol Lahir di Xiantao, Hubei di China di mana masa kecilnya dilewatkan di dekat kota industri China tengah, Wuhan. Ia menyelesaikan kuliahnya di bidang komputer pada 1991 di Universitas Wuhan.

Selama kuliah, ia banyak membaca buku tentang Steve Jobs. Hal itu memotivasinya hingga ia memutuskan suatu hari ingin membangun bisnisnya sendiri. Untuk mengejar itu, ia memutuskan untuk kuliah lebih cepat.

Setelah menyelesaikan kuliahnya, ia bekerja di Kingsoft, sebuah perusahaan perangkat lunak di China pada tahun 1992. Dengan keterampilan dan bakatnya, dalam waktu singkat karirnya melesat sehingga menjadi presiden dan CEO perusahaan pada 1998.

Ia juga mendirikan Joyo.com, toko buku online pada tahun 2000. Bakat bisnis Lei memang mumpuni, hanya dalam 4 tahun ia membesarkan toko buku ini lalu dibeli Amazon.com senilai US$ 75 juta di 2004.

Pada tahun 2000-an, ia menjadi angel investor dan banyak investasi di perusahaan rintisan seperti YY, UC dan Vancl dan mengawasi lebih dari 70 putaran pendanaan perusahaannya.

lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Xiaomi Siap Pensiunkan Ponsel 4G Akhir Tahun 2020"
[Gambas:Video 20detik]