3 Fakta soal Ratusan TKA China Sudah Masuk Konawe

Zulfi Suhendra - detikFinance
Sabtu, 11 Jul 2020 15:45 WIB
Sejumlah tenaga kerja asing dari Mitsubishi Jepang berada di dalam proyek PLTGU Jawa 2  area PT Indonesia Power UPJP Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Kabar masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal China ke Konawe, Sulawesi Tenggara, kembali menghangat. Kedatangan TKA menuai polemik meski akhirnya mereka diizinkan masuk.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah bahkan sempat pengin menangis saat dicecar DPR mengenai hal ini.

Lantas apa saja fakta-fakta terbaru mengenai TKA China di Konawe ini? Berikut daftarnya seperti dirangkum detikcom.

1. Bikin Menaker Ingin Menangis

Saat melakukan rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Menaker dicecar pertanyaan mengenai hal ini. Anggota DPR Komisi IX DPR Intan Fitriana Fauzi mempertanyakan alasan pemerintah memperbolehkan TKA asal China masuk ke Konawe.

Ida Fauziyah segera merespons hal tersebut. Dirinya tampak tak nyaman karena disinggung soal nurani berkaitan dengan diizinkannya TKA China masuk Indonesia.

"Saya kira kalau bicara nurani, saya kira kayaknya kita semua punya hal yang sama. Mohon maaf. Kalau misalnya kami mengeluarkan RPTKA (Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing), kiranya bukan berarti kami tidak punya nurani. Saya kira ini, pengin nangis jadinya. Kita bisa mengatasnamakan nurani dengan secara proporsional tentu saja," ujarnya.

Intan pun menjelaskan bahwa yang dia tekankan bukan soal nurani tapi spesifikasi TKA China yang dipekerjakan di Indonesia. Namun mengingat agenda rapat tersebut tidak ada topik mengenai TKA, pembahasan pekerja asing tidak diteruskan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Perusahaan Sebut Kontrak Kerja TKA China di Sultra Selama 6 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]