Sandiaga Ungkap Jurus Rahasia Keluarkan RI dari Dampak Corona

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 12 Jul 2020 19:00 WIB
close up Sarah Sandiaga Uno
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Pengusaha nasional Sandiaga Uno mengungkapkan sejumlah strategi untuk keluar dari dampak Corona. Dia menjelaskan, UMKM memegang peranan penting untuk menjaga ekonomi di Jakarta dan Indonesia pada umumnya.

Sehingga demi menghidupkan ekonomi masyarakat di tengah COVID-19, revitalisasi UMKM menjadi kunci.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, UMKM yang merupakan penyumbang 97% lapangan kerja, mengalami masa sulit dengan menurunnya penjualan, kendala permodalan, menurunnya pesanan, logistik yang tidak lancar, hingga acaman gagal bayar yang berpotensi bermasalah pada sektor keuangan

Karenanya, pemerintah perlu memprioritaskan kembali fokus ekonomi pasalnya di setiap krisis peran UMKM sangat besar untuk bangkit.

"Padahal pelaku UMKM juga memiliki keluarga yang harus dihidupi, ditambah adanya tekanan akibat naiknya biaya rumah tangga," kata Sandi dalam keterangan tertulis, Minggu (12/7/2020).

Dengan kondisi seperti itu, Sandi menyarankan pemerintah Indonesia harus membalikkan tren saat ini. Caranya adalah dengan memberikan dukungan insentif dan serial paket kebijakan yang cepat dan tepat sasaran.

Selain itu, kendala lain yang dihadapi para pelaku UMKM dalam masa pandemi ini adalah terganggunya pasokan terutama yang tergantung pada barang impor dan produk kesehatan serta pangan.

Sandi mengatakan, saat ini ada teknologi yang sudah sangat maju. Menurutnya, akan muncul juga lapangan pekerjaan bila kita memanfaatkan teknologi pangan ini seperti halnya di pembibitan.

"Bagaimana kita mengelola perbibitan kita bagaimana kita memiliki bibit sesuai dengan lingkungan yang ada," katanya.

Sementara Founder KAHMIPreneur Kamarussamad menjelaskan, sejumlah sektor seperti real estate, jasa keuangan, pariwisata dan transportasi tak bisa tumbuh saat ini. Menurutnya, ada peluang baru yaitu agrikultur.

"Karena kebutuhan kita masih belum bisa dipenuhi di dalam negeri maka masih impor," ujar Sandiaga Uno.



Simak Video "Sandiaga Uno Beri Bocoran Peluang Bisnis Paling Laku"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)