Seluk Beluk yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terjun Bisnis Masker

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 13 Jul 2020 07:19 WIB
Pedagang suvenir banting setir jualan masker di pinggir jalan
Foto: Moehammad Bakrie/detikcom
Jakarta -

Masker menjadi barang buruan masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Produk kesehatan ini dicari banyak orang untuk melindungi diri agar tak tertular virus Corona. Hal itu membuatnya laris-manis.

Cukup banyak orang yang memanfaatkan kondisi tersebut sebagai peluang bisnis. Bila kamu juga tertarik untuk menjajalnya, jangan khawatir kekurangan modal, sebab dana yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut tak sampai merogoh kocek dalam-dalam.

Seperti yang dilakukan oleh Raihan Abiyan Fattah. Dia memulai bisnis produk Masker dengan modal kurang dari Rp 5 juta. Dia menggunakan dana pribadinya. "Kemarin modalnya nggak sampai Rp 5 juta, modal sendiri, (pakai) tabungan," kata Founder Masker Rupa Nusa itu kepada detikcom, Minggu (12/7/2020).

Lanjut dia, proses produksi dilakukan oleh jasa konveksi di Tasikmalaya, Jawa Barat. Begitu Masker selesai diproduksi akan dikirim kepada dirinya.

Saat ini, lanjut dia, proses distribusi masih dilakukannya seorang diri tanpa bantuan tenaga kerja. Bisa dibilang pengeluarannya pun menjadi lebih minim karena tak perlu mengupah pekerja tambahan.

"Belum (pakai bantuan tenaga kerja). Sekarang belum sih, masih penjahitnya, penjahitnya di Tasik, di Jakartanya sendiri, buat distribusinya (Masker) sendiri," ujarnya.

Bagaimana biar laku terjual? Ikuti tips di halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Visualisasi Ini Tunjukkan Jenis Masker Paling Ampuh Menahan Droplet"
[Gambas:Video 20detik]