Resesi Singapura Bisa Nular ke RI, Pak Luhut?

- detikFinance
Selasa, 14 Jul 2020 20:25 WIB
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan materi saat menjadi pembicara pada Diplomasi Maritim Indonesia di Jakarta, Jumat (22/2/2019). Acara tersebut untuk memperluas pandangan antara pembuat kebijakan, akademisi, dan komunitas diplomatik mengenai tujuan pemerintah Indonesia dalam bidang maritim. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama.
Foto: Dok. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/
Jakarta -

Ekonomi Singapura masuk ke jurang resesi di kuartal II-2020. Menanggapi hal itu, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan enggan bicara banyak.

Luhut juga tidak bicara mengenai apa yang akan dilakukan pemerintah dalam menghadapi bayang-bayang resesi.

"Nanti kita lihat aja ya," kata Luhut singkat ditemui di kantornya, bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (14/7/2020).

Ekonomi Singapura masuk ke jurang resesi di kuartal II-2020. Ekonomi negeri Singa ini terkontraksi 41,2% terdampak virus Corona.

Mengutip Reuters, Selasa (14/7/2020), ekonom memperkirakan kontraksi sebesar 37,4%, namun sektor konstruksi terjatuh paling dalam sebesar 95,6%.

Kemudian, Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura menyatakan, produk domestik bruto (PDB) anjlok hingga 12,6% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Pada kuartal I-2020, pertumbuhan ekonomi Singapura juga telah mengalami kontraksi hingga 2,2% yoy yang juga disebabkan oleh penyebaran COVID-19.



Simak Video "Bahu Membahu Selebriti-Petani di Korsel Hadapi Krisis Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(Herdi Alif Al Hikam/dna)