Resesi Landa Singapura, RI Bisa Ketularan?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 15 Jul 2020 06:35 WIB
Ekonomi Singapura: Akibat pandemi virus corona, Singapura masuk resesi
Foto: BBC World
Jakarta -

Negara tetangga, Singapura mengalami resesi ekonomi. Hal ini tercermin dari perekonomian kuartal II yang mengalami kontraksi hingga 41,2%.

Kondisi ini terjadi karena selama ini ekonomi Singapura ditopang oleh ekspor. Akibat pandemi COVID-19 ekspor negeri singa itu mengalami tekanan yang kuat hingga membuat ekonominya masuk ke jurang resesi.

Jika tetangganya dilanda resesi, bagaimana dengan Indonesia?

Direktur Eksekutif INDEF Tauhid Ahmad mengungkapkan dengan tekanan yang tinggi pada perekonomian, Indonesia kemungkinan besar masuk dalam jurang resesi. Hal ini karena syarat pertama resesi adalah pertumbuhan ekonomi dua kuartal berturut-turut negatif.

Dia menjelaskan Indonesia juga pernah mengalami resesi yang akhirnya menjadi krisis yaitu pada periode 1997-1998. "Krisis itu kan kalau satu tahun negatif, krisis ini lebih parah. Apalagi sekarang juga belum bisa diprediksi situasi pandeminya dan sampai kapan titik puncak turun," jelas dia.

Menurut Tauhid hal ini bisa membaik apabila dunia sudah menemukan vaksin dan roda perekonomian kembali berputar. Apalagi data BI terkait kegiatan dunia usaha yang kontraksi hingga -35,77% pada kuartal II ini makin menunjukkan tekanan ekonomi. Menurut BI hal ini disebabkan oleh penurunan permintaan dan gangguan pasokan akibat pandemi COVID-19.

Akibat penurunan kegiatan dunia usaha ini, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada kuartal II 2020 tercatat lebih rendah dibandingkan kuartal sebelumnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kembali Deflasi, Sinyal RI di Jurang Resesi?"
[Gambas:Video 20detik]