Bareng Retno, Erick Thohir Mau Dorong BUMN Ekspansi Luar Negeri

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 17 Jul 2020 10:20 WIB
Menlu Retno Marsudi memimpin acara jalan santai Diplomatic Walk di kawasan GBK, Senayan, Jakarta. Jalan santai itu rangka menyambut Asian Games 2018.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir menandatangani nota kesepahaman dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Dengan nota kesepahaman ini, kedua belah pihak akan membentuk tim untuk mendorong BUMN ekspansi luar negeri.

"Sebagai info teman-teman media melalui MoU ini, Kemlu dan BUMN akan membentuk tim bersama BUMN go global untuk mendukung pengembangan dan ekspansi BUMN di pasar global dan identifikasi bersama peluang investasi inbound dan outbound," kata Retno dalam sambutannya yang disiarkan secara online, Jumat (17/7/2020).

Retno menjelaskan, intinya Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mendukung BUMN untuk go global. Nota kesepahaman yang dijadikan sebagai landasan ini, kata Retno, diproses dalam waktu yang cepat.

"This time dari sejak Pak Menteri bicara seminggu lalu kita langsung tindak lanjuti dalam waktu seminggu sudah siap sekali lagi sebagai landasan kerja kita ke depan," ujarnya.

Erick Thohir mengatakan, sudah seharusnya dua kementerian bersinergi. Tidak hanya Kemlu, namun juga dengan kementerian yang lain.

"Saya rasa sudah seyogyanya kita mesti bersinergi. Tentu tidak hanya dua kementerian ini tapi banyak kementerian. Sesuai arahan presiden yang kita ketahui bagaimana ke depan Indonesia secara diplomatik tidak hanya fokus di poliitik tapi juga bagaimana terus mengembangkan footprint daripada dunia usaha kita. Dan tentu dunia usaha sendiri ada dua ada swasta dan yang tentu BUMN," paparnya.



Simak Video "Erick Thohir Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pulih 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/fdl)