Bu Sri Mulyani, Gaji ke-13 Kapan Cair Ya?

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 17 Jul 2020 18:29 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pencairan gaji ke-13 sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh pegawai negeri sipil (PNS) tanah air. Selain untuk memenuhi kebutuhan biaya tahun ajaran baru sekolah, gaji ke-13 dianggap bisa menjaga daya beli di tengah penurunan penghasilan karena COVID-19.

Pemerintah sampai saat ini belum memberikan kepastian kapan mencairkan gaji ke-13 yang biasanya dilakukan pertengahan bulan Juli setiap tahunnya.Di masa pandemi Corona seperti sekarang, pemerintah lebih fokus menangani dampak COVID-19 sehingga proses pencairan pun belum ada hilalnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akhirnya buka suara terkait dengan kepastian pencairan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS). Hingga saat ini, pemerintah belum mencairkan gaji ke-13 yang biasanya dimanfaatkan untuk memenuhi biaya pada tahun ajaran baru sekolah.

Sri Mulyani meminta para PNS bersabar mengenai kepastian kapan pencairan gaji ke-13 di tahun 2020.

"Sabar, nanti ya," singkat Sri Mulyani di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Sementara Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani tidak memberikan jawaban pasti mengenai pencairan gaji ke-13. Dirinya menegaskan saat ini pemerintah sedang fokus pada penanggulangan dampak COVID-19.

"Nanti dulu. Fokus COVID dulu kita," kata Askolani.

Seperti diketahui, tahun ajaran baru dimulai pada pertengahan Juli 2020. Namun pencairan gaji ke-13 waktunya kemungkinan akan mundur. Hal itu disebutkan oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo pada 27 Mei lalu. Menurut Yustinus, gaji ke-13 hingga kini belum dibicarakan. Gaji ke-13 PNS baru akan diputuskan pada Oktober mendatang.



Simak Video "Curi Beras-Tabung Gas, Oknum PNS di Parepare Dibekuk Polisi"
[Gambas:Video 20detik]