Jokowi Bikin Satgas Pemulihan Ekonomi, Apa Tugasnya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 20 Jul 2020 14:55 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membentuk tim satuan tugas penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Dalam gugus tugas ini, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin ditunjuk sebagai ketua satgas pemulihan ekonomi nasional.

Apa tugasnya?

Budi menjelaskan, berdasarkan arahan Presiden Jokowi, salah satu tugas utama satgas ialah menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Pak Presiden memberikan arahan ke Pak Menteri yang diteruskan ke kami. Salah satu tugas utama kami memastikan kita bisa menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi," katanya di Kementerian BUMN Jakarta Pusat, Senin (20/7/2020).

Dia memaparkan, menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi ini ialah dengan menjaga ketersediaan lapangan kerja dan menjaga kemampuan belanja masyarakat. Budi mengatakan, telah mendapat tugas untuk mengidentifikasi sektor-sektor yang terdampak Corona.

"Nanti ke depannya Pak Menteri sudah memberikan arahan agar kita bisa mnegidentifikasi sektor-sektor mana yang memang pertumbuhannya paling kena dampak. Kita nanti akan berdiskusi seluruh stakeholder baik itu swasta, pemerintah daerah dan pemerintah pusat, kementerian lembaga untuk mendapatkan masukan bagaimana kita bisa membuat program-program untuk menjaga pertumbuhan ekonomi ini," paparnya.

Selain itu, dia menuturkan, program-program yang ada saat ini juga tetap dijalankan oleh satuan tugas pemulihan ekonomi ini. Program-program itu seperti bantuan sosial (bansos) hingga padat karya.

"Pak Menteri juga menekankan program yang ada sekarang seperti bansos itu terus kita jalankan, program-program padat karya akan terus kita jalankan. Program-program yang menjaga pendapatan baik itu pekerja formal maupun pekerja informal akan terus kita jalankan," terangnya.

"Dan kami akan terus menggali ide bagaimana kita bisa terus meningkatkan pendapatan negara jadi bisa mendukung pembiayaan yang masif untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang merupakan arahan Pak Presiden," tutupnya.



Simak Video "Pemerintah: Kalau Lockdown, Tak Akan Tahan Ruang Fiskal Kita"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)