Importir Sebut WNI di Jepang Lebih Suka Bumbu Instan Malaysia, Kok Bisa?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 21 Jul 2020 10:34 WIB
Ilustrasi Pusat Perbelanjaan Modern, Hero Supermarket, Giant
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Nanyang Trading Co ialah perusahaan Jepang yang paling banyak mengimpor produk bumbu instan, makanan instan, dan produk minuman dari Indonesia serta Malaysia. Pasar yang menjadi fokus dari Nanyang Trading Co memang ditujukan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan penduduk Malaysia yang bekerja atau pun menjalani pendidikan di Jepang.

Presiden Nanyang Trading Co Katsunori Kasugai mengungkapkan, produk-produk yang diimpor dari Indonesia antara lain mi instan Indomie, bumbu rendang, soto, dan nasi goreng instan, jus, teh, dan sebagainya. Lalu, pihaknya juga mengimpor bumbu kari, nasi goreng, dan bumbu rendang kalengan dari Malaysia.

Untuk produk bumbu instan dari Indonesia, belakangan ini juga diminati oleh anak muda Jepang yang pernah berwisata ke Indonesia.

"Akhir-akhir ini banyak sekali anak muda Jepang yang berwisata ke Indonesia dan Malaysia, dan mereka merasakan hubungan mereka terutama soal kuliner sangat dekat dengan Indonesia. Sehingga akhir-akhir ini anak muda Jepang juga banyak membeli bumbu-bumbu dan produk kami," jelas Kasugai dalam webinar Japan-Indonesia Market Access yang digelar Kementerian Perdagangan (Kemendag), Selasa (21/7/2020).

Sayangnya, WNI yang ada di Jepang justru lebih banyak membeli bumbu instan yang diimpor dari Malaysia.

"Kami mengimpor dari Malaysia seperti bumbu kari, rendang, nasi goreng dalam bentuk kalengan. Sebaliknya, tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia di Jepang itu justru produk yang Malaysia punya, seperti tadi bumbu rendang dan kari yang sudah dalam bentuk kalengan," ungkap Kasugai.

Meski begitu, ia mengatakan penjualan bumbu instan rendang dan rempah frozen untuk memasak rendang dari Indonesia masih terus diminati di Jepang terutama dari warga yang berasal dari negara-negara muslim. Apalagi, setelah CNN menetapkan rendang sebagai masakan terenak di dunia pada tahun 2017.

"Bumbu rempah rendang ini needs-nya semakin meningkat. Karena pada tahun 2017 berdasarkan angket CNN, rendang itu adalah masakan nomor 1 paling enak di dunia," tutupnya.



Simak Video "Kombinasi Pizza dan Bumbu Masak Andaliman"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)