Cerita di Balik Foto Jadul Pertemuan Jokowi dan Sri Mulyani yang Viral

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 21 Jul 2020 15:11 WIB
Viral! Foto Jokowi Jadi Panitia Seminar, Sri Mulyani Narasumbernya
Foto: Dok. Twitter @johnyadrian75
Jakarta -

Foto jadul Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tengah ramai. Dalam foto yang viral itu dinarasikan bahwa Jokowi adalah panitian sebuah seminar yang pembicaranya, sementara Sri Mulyani menjadi pembicara.

Foto itu rupanya memuat banyak cerita di dalamnya. Pengunggah foto yang viral itu, Bambang Haryanto menjelaskan cerita di balik foto itu.

Seperti dikutip detikcom, Selasa (21/7/2020), dalam unggahannya ia bercerita mengenai seluk beluk acara tersebut. Termasuk, ketika ia harus membawa honor untuk Sri Mulyani dengan naik kereta Solo-Jakarta pergi-pulang (PP).

"Kirim uang dari Jokowi ke Sri Mulyani Indrawati di tahun 1998 kok engga kepikiran pakai transfer aja? Bukankah lebih murah? Lebih cepat?" tulisnya.

"Ketololan itu baru saya sadari di tahun 2020 ini. Karena di tahun 1998 itu saya harus naik kereta api Solo-Jakarta PP dalam 24 jam untuk membawa uang tersebut. Honor untuk ibu SMI untuk menjadi narasumber ekonomi di Solo," sambungnya.

Ia pun mengenang acara tersebut. Dia mengatakan, mungkin itu momen pertama Jokowi dan Sri Mulyani bertemu.

"Di Solo, 14 Agustus 1998, mungkin menjadi momen pertama kali Jokowi mengenal Sri Mulyani Indrawati. Mayor Haristanto, adik saya, dan saya, rasanya bisa sedikit berbangga karena mampu mempertemukan keduanya," katanya.

Dia bercerita, kala itu Solo porak poranda akibat kerusuhan Mei 1998. Ia dan adiknya mencoba untuk mencari solusi sehingga akhirnya terbentuk Forum Bisnis Surakarta (Forbis). Kemudian dirancanglah sebiah seminar ekonomi di mana penyandang dananya ialah pengusaha kayu Joko Widodo.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ditegur Jokowi, Ini Penjelasan Sri Mulyani Soal Defisit APBN Melebar"
[Gambas:Video 20detik]