Satgas Pemulihan Ekonomi Dibentuk, RI Bisa Terhindar dari Resesi?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 22 Jul 2020 16:24 WIB
Poster
Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membentuk Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi. Menteri BUMN Erick Thohir sebagai ketua pelaksana komite tersebut.

Selain itu, dalam komite itu ada Satuan Tugas (Satgas) pemulihan ekonomi yang dipimpin Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. Susuan Komite tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 tahun 2020.

Merespons tim tersebut, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menilai akan terwujud mitigasi di bidang kesehatan dan perekonomian secara beriringan. Melihat beberapa negara sudah mengalami resesi akibat pandemi misalnya Singapura, Jerry yakin Komite ini akan bekerja efektif untuk menjauhkan Indonesia dari jurang resesi.

"Sejak semula kami di Kemendag sudah menjadi bagian integral dalam mitigasi ekonomi. Jadi sebenarnya ini tinggal meningkatkan kinerja, sinergi dan koordinasi saja. Dengan adanya Perpres itu sistem dan mekanisme kerja kita yang sudah baik akan menjadi semakin baik. Saya optimistis itu," kata Jerry dalam keterangan resminya, Rabu (22/7/2020).

Langsung klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pemerintah Realisasikan 36,6% Anggaran Program Pemulihan Ekonomi "
[Gambas:Video 20detik]