4 Masalah Utama yang Bebani Pengusaha di Tengah Pandemi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 23 Jul 2020 16:00 WIB
Poster
Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Survei Indikator Politik Indonesia memaparkan adanya 4 masalah utama yang dihadapi pengusaha di tengah hantaman pandemi Corona. Mulai dari lesunya ekonomi, kesulitan dapat order, mahalnya biaya operasional, hingga bahan baku produksi yang makin mahal.

"Masalah utama menurut pengusaha adalah ekonomi yang lesu dan makin susah dapat order atau proyek. Lalu mahalnya biaya operasional, harga bahan bakunya juga makin mahal," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dalam webinar, Kamis (23/7/2020).

Indikator Politik sendiri menggelar survei terhadap 1.176 pengusaha pada 7 sektor unggulan, mulai dari sektor pertanian, perikanan, pertambangan, industri pengolahan, konstruksi, perdagangan besar dan eceran mobil dan sepeda motor, serta pengangkutan dan pergudangan secara nasional.

Dari survei tersebut, didapatkan 4 masalah yang paling banyak dikeluhkan. Lesunya perekonomian, baik nasional dan global menjadi masalah bagi 38 orang pengusaha.

Kemudian kesulitan mendapatkan order alias kekurangan permintaan menjadi masalah bagi 38 orang pengusaha. Kemudian, 25 pengusaha mengaku biaya operasional yang makin mahal jadi masalah utamanya. Kemudian, 24 pengusaha mengeluhkan bahan baku produksi yang harganya meroket.

Langsung klik halaman selanjutnya.