Mau Rapid Test di Stasiun KA? Jangan Datang Mepet Ya..

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 26 Jul 2020 14:09 WIB
Satu orang reaktif hasil rapid test UTBK-SBMPTN UPI
Foto: Siti Fatimah
Jakarta -

PT KAI (Persero) bekerja sama dengan PT RNI (Persero) akan menyediakan layanan rapid test khususnya untuk calon penumpang kereta jarak jauh. Layanan yang mulai tersedia besok Senin (27/7/2020) ini dipatok biaya Rp 85.000.

Bagi calon penumpang yang ingin menggunakan fasilitas ini sebaiknya tidak datang mepet jika tak ingin tertinggal kereta.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, layanan yang bakal tersedia itu sebenarnya tidak memakan waktu lama. Dia mengatakan, hanya sekitar 5 hingga 10 menit dan hasilnya bisa diketahui.

"Cepat kok, paling antara 5 sampai dengan 10 menit sudah bisa ketahuan reaktif atau non reaktif. Kemudian dibuatkan surat hasil rapid test tersebut," katanya kepada detikcom, Minggu (26/7/2020).

Meski begitu, dia menyarankan agar calon penumpang menyediakan waktu yang cukup. Hal itu untuk menghindari ketinggalan kereta.

"Himbauan saya agar penumpang sediakan waktu yang cukup untuk proses rapid test kira-kira 30 menit sebelum keberangkatan sudah berada di stasiun," ujarnya.

Dia menekankan, layanan rapid test di stasiun hanya untuk calon penumpang yang belum rapid test. Dia juga menuturkan, hasil rapid test di luar stasiun tetap diterima. Sesuai ketentuan yang berlaku, kata dia, masa berlaku untuk uji ini ialah 14 hari.

"Sesuai SE Satgas COVID-19 masa berlaku rapid test selama 14 hari," terangnya.

Sebagai informasi, layanan rapid test akan tersedia di 12 stasiun dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 sampai dengan 19.00. Adapun 12 stasiun tersebut ialah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang. Pada tahap awal, layanan ini baru tersedia di Stasiun Pasar Senen mulai Senin 27 Juli 2020.



Simak Video "Sensitivitas Beberapa Rapid Test di Indonesia Tidak Memenuhi Syarat"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)