Berusia Ratusah Tahun, Ini BUMN Tertua di Indonesia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 26 Jul 2020 15:00 WIB
Sejumlah tamu beraktivitas di dekat logo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020). Kementerian BUMN meluncurkan logo baru pada Rabu (1/7) yang menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. ANATAR FOTO/Aprillio Akbar/nz
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Saat ini jumlah badan usaha milik negara (BUMN) ada sebanyak 107 perusahaan. Angka ini sudah dipangkas oleh Menteri BUMN Erick Thohir dari sebelumnya 142 perusahaan.

Tapi tahukah detikers BUMN yang paling tua di Indonesia?

Salah satu BUMN yang usianya paling tua adalah Pos Indonesia. Sebenarnya kantor pos ini pertama kali didirikan di Batavia alias Jakarta di zaman dulu.

Mengutip laman resmi posindonesia.co.id, kantor pos didirikan oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff pada 26 Agustus 1746. Tujuan didirikan Kantor Pos ini adalah agar surat penduduk lebih aman, apalagi untuk penduduk yang berdagang di kantor luar Jawa dan yang pergi ke Belanda.

Empat tahun setelahnya Kantor Pos Semarang didirikan, ini untuk menghubungkan pos yang teratur dari kedua tempat. Rute perjalanan pos saat itu adalah Karawang, Cirebon dan Pekalongan.

Sebelum menjadi BUMN ini, Pos Indonesia dulunya berstatus Jawatan Post, Telegraph dan Telephone. Perusahaan ini berfungsi melayani publik, bukan untuk komersial.

Kemudian terus berubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Pada 1965 berubah lagi menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro. Kemudian 1978 menjadi Perum Pos dan Giro. Setelah 17 tahun menjadi Perum, pada 1995 berubah menjadi PT Pos Indonesia.

Selanjutnya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang berdiri pada 16 Desember 1895.

Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto menjelaskan BRI adalah salah satu BUMN yang tertua dan saat ini masih eksis dan mampu menjadi salah satu bank terbesar.

"Yang masih eksis dan terus tumbuh ya BRI. Paling bagus lah diantara yang lain, apalagi dia sejak zaman Belanda sudah berdiri," kata dia saat dihubungi detikcom.



Simak Video "Luncurkan Holding BUMN Pertahanan, Jokowi: Sudah Lama Saya Tunggu"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)