Anies-RK Ngutang Rp 16 T ke SMI, Buat Apa Saja?

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 27 Jul 2020 11:42 WIB
Sri Mulyani
Foto: Dok. Kemenkeu
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sepakat mendapat pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Pinjaman tersebut untuk program pemulihan ekonomi di daerahnya masing-masing.

Pinjaman yang diberikan ke dua daerah itu sekitar Rp 16,5 triliun. Di mana, DKI Jakarta sebesar Rp 12,5 triliun dan Jawa Barat sebesar Rp 4 triliun.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan daerahnya baru pertama kali mendapat dukungan pinjaman dari PT SMI (Persero), dan dana pinjaman tersebut akan dimanfaatkan untuk beberapa program dalam rangka pemulihan ekonomi.

"Pendanaan ini untuk pengendalian banjir, peningkatan pelayanan air minum, pengelolaan sampah, peningkatan infrastruktur transportasi, peningkatan infrastruktur pariwisata dan kebudayaan dan olahraga," kata Anies dalam video conference, Jakarta, Senin (27/7/2020).

Adapun rincian pinjaman DKI Jakarta yang sebesar Rp 12,5 triliun, terdiri dari Rp 4,5 triliun untuk tahun 2020 dan Rp 8 triliun diusulkan untuk tahun 2021.

"Jadi Jakarta memiliki porsi cukup yang besar dalam ekonomi Indonesia, karena itu bila kita mempercepat pemulihan di Jakarta akan berdampak nasional," ujarnya.

Sementara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku pemanfaatan dana pinjaman dari SMI pun sama dengan DKI Jakarta, yaitu untuk pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

Ada pun program pembangunan yang akan memanfaatkan dana pinjaman itu adalah infrastruktur sosial seperti rumah sakit, Puskesmas, dan fasilitas kesehatan. Lalu infrastruktur logistik seperti jalan dan jembatan provinsi maupun kabupaten/kota.

Selanjutnya, pembangunan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), penataan kawasan khusus seperti alun-alun, destinasi wisata, creative center, serta pembangunan infrastruktur lingkungan berupa irigasi dan drainase.

"Kami sampaikan terima kasih kami kepada Menteri Keuangan dan jajarannya, kepada PT SMI karena Jabar hari ini dapat tiga bantuan luar biasa," ungkap Ridwan Kamil.



Simak Video "Utang Anies-RK Capai Rp 16 T ke SMI untuk Pulihkan Ekonomi Daerahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)