Menperin Beberkan Bukti Ekonomi RI Mulai Pulih dari Corona

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 28 Jul 2020 15:44 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Foto: Dok. Kemenperin
Jakarta -

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa ekonomi Indonesia mulai bergerak naik (rebound) setelah terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Bila melihat Indeks Manufaktur Indonesia alias Purchasing Manager Index (PMI) manufaktur, angkanya terlihat membaik. Itu adalah data yang menggambarkan keyakinan pelaku ekonomi.

"Kita lihat juga bahwa berdasarkan PMI kita sudah melihat adanya pertumbuhan, adanya rebound di mana selama masa COVID-19 ini, pandemi COVID-19 ini titik terendah dari PMI kita adalah 27,5 poin, berangsur-angsur pulih atau rebound, dan pada bulan Juni tahun 2020 sudah kembali pada titik 39,1 poin," kata dia dalam acara Mid-Year Economic Outlook 2020 via virtual, Selasa (28/7/2020).

Angka tersebut memang belum mendekat ke titik tertinggi yang sebelumnya dicapai pada Februari lalu. Namun dia menilai angka-angka yang ada sudah mengindikasikan perbaikan ekonomi.

"Memang masih jauh dibandingkan pada titik Februari 2020 di mana PMI Indonesia mencatat rekor pada 51,9 poin. Tapi paling tidak ini kita bisa melihat bahwa berdasarkan PMI kita berharap ini sudah akan bisa menjadi indikator bahwa perekonomian kita sudah mulai rebound kembali," jelasnya.

Bukti lain bahwa ekonomi Indonesia mulai pulih adalah pertumbuhan investasi di sektor industri.

"Pemulihan juga kita bisa lihat dari nilai investasi industri pada semester I-2020 yang mengalami kenaikan sebesar 24% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, di mana pada tahun lalu investasi di sektor manufaktur sebesar Rp 104,6 triliun, dan pada tahun ini investasi sektor industri manufaktur sebesar Rp 129,6 triliun," sebutnya.

Menurutnya capaian di atas merupakan perkembangan yang sangat positif. Sebab itu memberikan keyakinan bahwa ekonomi akan tumbuh kembali.

"Tentu dengan adanya investasi yang meningkat, PMI yang sudah mulai pulih, mudah-mudahan itu bisa meningkatkan confidence kita terhadap perekonomian yang akan segera tumbuh kembali," tambahnya.



Simak Video "Kembali Deflasi, Sinyal RI di Jurang Resesi?"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)