Kiat Siapkan Dana Pendidikan Anak Dalam Setahun

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 29 Jul 2020 17:20 WIB
Ribuan guru di Argentina gelar aksi demo menuntut kenaikan upah. Hal itu merupakan imbas dari kebijakan pemerintah Argentina memotong biaya anggaran pendidikan.
Foto: Dok detikcom
Jakarta -

Antusias masyarakat Indonesia memilih sekolah negeri masih menjadi favorit. Namun, tidak semua anak dapat lulus seleksi di sekolah negeri, sehingga orang tua akan menghadapi pilihan yang berat.

Pilihan itu antara menunda pendidikan anak hingga tahun ajaran mendatang atau menyekolahkan anak di sekolah swasta. Jika memilih melanjutkannya di sekolah swasta tentunya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Krizia Maulana memberikan kiat bagi orang tua untuk menyiapkan dana pendidikan anak dalam setahun. Berikut tipsnya:

Siapkan Sedini Mungkin

Setiap tahun, inflasi atau kenaikan biaya pendidikan cukup tinggi. Saat ini inflasi pendidikan di kisaran 15% per tahun. Dengan semakin menantangnya proses seleksi masuk sekolah negeri, orang tua sebaiknya harus benar-benar menyiapkan dana pendidikan anak mulai hari ini.

Semakin ditunda, kemungkinan untuk memiliki dana pendidikan yang cukup juga akan semakin kecil. Akibatnya, orang tua mungkin akan menyekolahkan anaknya dengan beban bunga utang yang cukup besar.

Ketahui dana yang harus disiapkan

Biaya masuk sekolah untuk tingkat SD hingga SMA beragam. Namun untuk masuk sekolah yang bagus saat ini membutuhkan biaya mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 50 juta hanya untuk uang pangkal. Sementara iuran per bulan mulai dari Rp 1,5 juta.

Katakanlah biaya inflasi berkisar 15%, dengan uang pangkal Rp 20 juta kita harus mempersiapkan uang pangkal sekolah paling tidak sebesar Rp 23 juta untuk tahun depan. Tambahkan juga biaya alat tulis beserta perlengkapannya, tas hingga sepatu sekolah, yang berkisar Rp 1 juta, sehingga total kita membutuhkan tak kurang dari Rp 24 juta untuk biaya sekolah tahun depan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Zaskia Adya Mecca Sempat Stres Dampingi Anaknya Belajar di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]