Dapat Suntikan Rp 11 T dari Trump, Saham Kodak Melonjak

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 30 Jul 2020 10:06 WIB
kodak
Ilustrasi/Foto: Petapixel
Jakarta -

Eastmen Kodak Co baru saja mendapatkan dana pinjaman senilai US$ 765 juta setara Rp 11 triliun (kurs Rp 14.600) dari pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Suntikan dana itu membuat kekayaan bersih bos Kodak CEO Jim Continenza bertambah US$ 79 juta (Rp 1,1 triliun).

Kesepakatan pinjaman itu diumumkan langsung oleh Trump pada konferensi pers Selasa malam lalu. Trump menjelaskan pinjaman itu untuk membantu Kodak dalam memproduksi bahan farmasi yang digunakan memerangi pandemi virus Corona.

Dikutip dari Reuters, Kamis (30/7/2020), setelah kesepakatan itu saham Kodak melonjak 1,167% dalam dua hari. Saat diminta konfirmasi, Kodak tidak segera menanggapi permintaan tersebut.

Di tengah relinya saham Kodak, membuat pemegang saham untung besar, termasuk dewan direksi Philippe Katz dan George Karfunkel. Mereka membukukan keuntungan besar saat nilai perusahaan naik.

Sebelum adanya kesepakatan dengan pemerintah AS, Kodak mengalami kebangkrutan sejak 2013 dengan nilai perusahaan tidak lebih dari US$ 100 juta (Rp 1,4 triliun). Namun, kebangkrutan itu telah berakhir pada Rabu kemarin dengan kapitalisasi pasar yang dimiliki Kodak sebesar saat ini US$ 1,5 miliar (Rp 21,9 triliun).

Sebagai informasi Eastman Kodak Co merupakan perusahaan berbagai macam produk kamera dan fotografi. Perusahaan ini berdiri sejak 1888 dan berbasis di Rochester, New York City.

Kodak bukan perusahaan pertama yang mendapatkan suntikan dana pinjaman dari Trump. Perusahaan pembuatan vaksin Novavax Inc di AS nilainya juga membengkak setelah hibah senilai US$ 1,5 miliar dari pemerintah federal AS bulan lalu.



Simak Video "Buntut Corona, SoftBank Jual 198 Juta Lembar Saham"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)